[SALAH] Gambar Bangkai Kapal Pharaoh dari Kisah Pengejaran Nabi Musa

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya gambar yang terdapat di dalam unggahan bukan bangkai kapal Pharaoh dari kisah pengerjaran Nabi Musa. Gambar tersebut merupakan bangkai kapal SS Thistlegorm, kapal Merchant Navy.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: FALSE CONTEXT/Konteks yang Salah

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
archive.vn/015ga

=====
[NARASI]:

Seorang arkeolog bernama Ron Wyatt, pada tahun 1988 mengklaim telah menemukan bangkai roda kereta tempur kuno yang berada di dasar Laut Merah. Ron Wyatt mengatakan bahwa bangkai kereta tempur Pharaoh yang tenggelam di Laut Merah tersebut digunakan saat mengejar Musa bersama para pengikutnya.

Ron Wyatt bersama para peneliti lain juga menemukan beberapa tulang manusia dan tulang kuda di tempat yang sama. Adanya temuan tulang belulang itu memperkuat dugaan kerangka bala tentara Pharaoh yang tenggelam di Laut Merah…

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan bangkai kereta, yang diklaim sebagai kereta tempur Pharaoh milik tentara Mesir saat mengejar Nabi Musa. Dalam unggahan akun If You Know ini disebutkan bahwa selain bangkai kapal, ditemukan pula tulang manusia dan kuda yang berusia sekitar 3.500 tahun, sesuai dengan kisah pengejaran Nabi Musa pada 3.500 tahun yang lalu.

Namun setelah dilakukan penelusuran, gambar kereta tempur yang diklaim sebagai kereta Pharaoh dari kisah pengejaran Nabi Musa ternyata adalah informasi yang salah. Gambar yang digunakan dalam unggahan tersebut, bukan kereta tempur Pharaoh.

Gambar penemuan bawah laut pada unggahan tersebut adalah bangkai kapal SS Thistlegorm, kapal Merchant Navy bersenjata Inggris yang ditenggelamkan pada 6 Oktober 1941 oleh pengebom tukik Jerman di dekat Ras Muhammad, Laut Merah, Mesir. Diketahui sekarang lokasi ini menjadi lokasi penyelaman terkenal.

Jadi dapat disimpulkan bahwa gambar bangkai kapal pada unggahan tersebut bukan kapal Pharaoh ďari kisah pengejaran Nabi Musa. Informasi ini termasuk ke dalam hoaks kategori false context atau konteks yang salah.

=====
[REFERENSI]:

https://www.agefotostock.com/age/en/details-photo/locomotive-at-ss-thistlegorm-wreck-red-sea-egypt/WFM-wpo53634

https://en.wikipedia.org/wiki/SS_Thistlegorm

[LANJUTAN NARASI]:

Didukung juga oleh hasil pengujian yang dilakukan di Stockhlom University terhadap beberapa sisa tulang belulang yang ditemukan, yang dinyatakan memang benar adanya. Para peneliti menyebutkan bahwa struktur dan kandungan tulang yang ditemukan telah berusia sekitar 3.500 tahun. Sementara kisah pengejaran Nabi Musa juga diperkirakan terjadi dalam kurun waktu yang sama, sekitar 3.500 tahun lalu.

Tidak hanya tulang yang ditemukan, ada benda lain yakni poros roda salah satu kereta kuda tentara Firaun, yang kini telah berubah menjadi batu karang. Uniknya, dari beberapa bangkai kereta tadi, ditemukan juga sebuah roda yang terdiri dari 4 buah jeruji yang terbuat dari emas. 

Sumber : impiannews,com.

=====
Editor: Bentang Febrylian