[SALAH] Video “Orang-Orang Malah Santai Merekam Dikira Ombak Biasa yang Datang, Siapa Sangka Tsunami”

hasil periksa fakta Rahmah a n (UIN Sunan Ampel Surabaya).

Bukan video tsunami. Faktanya gelombang pada video adalah gelombang bono bagian dari fenomena Tidal Bore terjadi di Sungai Kampar, Desa Teluk Meranti, Kab.Pelalawan, Provinsi Riau.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Youtube
https://www.youtube.com/watch?v=GmDZLy5Io7o

https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2022/01/orang-orang-ini-malah-santai-merekam-dikira-ombak-biasa-yang-datang-YouTube.pdf

= = = = =

NARASI:
“orang – orang ini malah santai & merekam dikira ombak biasa yang datang”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Youtube dengan nama pengguna “Nasril Khmape” mengunggah video berdurasi 2:48 detik yang mengklaim terjadi tsunami saat kerumunan orang berada di pinggiran pantai. Terlihat beberapa orang sedang berselancar, kemudian datang gelombang besar menuju ke arah daratan. Para pengunjung yang sebelumnya berada di pinggiran pantai, terlihat berlarian dan beberapa orang ada yang naik ke atas pohon.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video tsunami, melainkan gelombang air tersebut adalah gelombang Bono bagian dari Tidal Bore. Versi lengkapnya diunggah oleh kanal Youtube Licet Studios berjudul ‘TSUNAMI-LIKE WAVES’ Hit Village in Indonesia (Tidal Bore) | Kampar River (Sumatra). Pada deskripsi video dijelaskan bahwa video tersebut merupakan fenomena Tidal Bore yang terjadi di perairan Sungai Kampar Indonesia. Fenomena Tidal Bore adalah peristiwa pasang surut yang masuk membentuk gelombang air yang bergerak ke atas melawan arah arus sungai atau teluk. Fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan beberapa negara seperti Tiongkok, Australia dan lain-lain. Namun untuk fenomena Tidal Bore yang paling terkenal ialah berlokasi di Sungai Kampar (yang terjadi di video) dan Sungai Qiantang di Cina.

Fenomena ini hanya muncul ketika bulan purnama pada Oktober hingga Desember ketika puncak musim hujan atau juga bisa terjadi pada bulan Februari hingga Maret. Dikutip dari situs pariwisata.riau.go.id, keunikan Bono sendiri merupakan sebuah potensi wisata. Pemerintah juga menyelenggarakan event tahunan “International Bono Surfing Festival” bagi para peselancar. Dengan demikian, video tsunami yang diunggah oleh akun Youtube tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =
REFERENSI:
https://pariwisata.riau.go.id/detail/berselancar_panjang_di_ombak_bono_sungai_kampar_kabupaten_pelalawan

https://www.youtube.com/watch?v=pKd0PCI6Sx4

https://en.wikipedia.org/wiki/Tidal_bore