[SALAH] Penawaran Pencairan Dana Bantuan 1,2 Juta Bulan Januari – Februari 2022

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan

Penerima bantuan dihimbau untuk tidak melalui calo. Aestika Oryza Gunarto selaku Corporate Secretary BRI mengatakan, bantuan yang saat ini disalurkan melalui BRI adalah BPUM dan dapat dicek melalui link eform.bri.co.id, dan dapat diambil dengan mendatangi langsung kantor-kantor BRI setempat.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===============
Konten: Konten yang menyesatkan

Beredar sebuah informasi yang dibagikan pada akun Facebook Elnana Effendy pada 26 Januari 2022. Dalam postingan tersebut menawarkan pembantuan untuk pencairan dana sebesar 1,2 juta pada bulan Januari-Februari 2022.

Narasi:
#KABAR_TERKINI2022┬áBagi IBU/BAPAK Yang mempunyai Rekening MANDIRI/BRI/BCA/BNI/BTN/MANDIRI/PKH/BPUM/MEKAR/DLL apakah sudah dapat juga dana 1,2jt bulan Januari – Februari 2022 Ini?? ?
Kalau ((BELUM)) silahkan komen dibawah biar saya bantu KHUSUS yang belum dapat!! WA sekarang aku bantu Tanpa Biaya yaa 081916795368

Sumber: Facebook (https://archive.fo/GjwkH) Arsip
===============

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, penyaluran bantuan dana senilai 1,2 juta yang dilakukan oleh seorang calo bukanlah hal yang tepat.

Dilansir dari Kompas.com, Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, bantuan yang saat ini disalurkan melalui BRI adalah BPUM dan dapat dicek melalui link eform.bri.co.id.

“Terkait dengan pencairan BPUM tersebut, masyarakat dihimbau untuk lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya terhadap informasi dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, termasuk para calo atau pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan pribadi,” ujar Aestika.

Para penerima bantuan BPUM disarankan untuk mendatangi langsung kantor-kantor BRI setempat dengan membawa identitas diri (e-KTP) tanpa menggunakan calo.

Dengan demikian, penawaran pengambilan dana bantuan BRI 1,2 juta melalui calo bukanlah cara yang tepat, dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/05/135855765/hoaks-bantuan-rp-12-juta-untuk-nasabah-bri-dan-bni

EDITOR: Adi Syafitrah