[SALAH] Reporter Bernama Mursal Meninggal setelah Mengungkap Skandal Limbah Minyak Goreng

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Hoaks lama yang kembali beredar. Nama reporter yang meninggal setelah mengungkap skandal limbah minyak goreng bernama Li Xiang, bukan Mursal. Kasus tersebut terjadi pada September 2011 lalu.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: WhatsApp
https://archive.ph/9HE2q

= = = = =

NARASI:

“Sdr.Mursal (reporter)meninggal terbunuh setelah Memaparkan Limbah Minyak Goreng, ditubuhnya terdapat lebih dari 10 tusukan pisau, kematiannya tragis. Untuk seluruh negeri dia telah berupaya memberikan kontribusi kepada lebih dari satu miliar orang dalam upaya keamanan pangan.
Untuk kesehatan kita, dia membayar hidupnya yang masih muda.
Yang kita bisa lakukan untuknya adalah Forwarding, mengungkapkan rasa terima kasih.
[…]

(Lanjutan Narasi setelah bagian Referensi)

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah pesan berantai melalui WhatsApp yang berisi informasi bahwa seorang reporter bernama Mursal meninggal terbunuh setelah mengungkap skandal limbah minyak goreng. Dalam pesan tersebut, penerima pesan juga diminta untuk meneruskan pesan ke 10 orang lainnya.

Faktanya, narasi tersebut adalah hoaks lama yang kembali beredar. Nama reporter yang meninggal setelah mengungkap limbah minyak goreng bernama Li Xiang, bukan Mursal. Li Xiang merupakan seorang reporter dari Stasiun Televisi Luoyang. Kasus pembunuhan tersebut terjadi pada September 2011 lalu.

Dengan demikian, pesan berantai yang beredar melalui WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.emirates247.com/news/world/china-reporter-killed-after-gutter-oil-news-2011-09-20-1.419585

https://turnbackhoax.id/2018/02/20/disinformasi-mursal-reporter-meninggal-terbunuh-setelah-memaparkan-limbah-minyak-goreng/

= = = = =

(Lanjutan Narasi)

[…]
”Ambil minyak goreng dirumah dan masukan ke dalam kulkas selama 2 jam, jika ada busa putih, itu artinya Minyak Goreng Limbah”.
Silakan ungkapkan cinta Anda dan meneruskan informasi ini ke teman dan kerabat.
Seorang Dokter dari PADANG mengatakan, cara termudah untuk mendeteksi apakah itu adalah Minyak Goreng Limbah atau bukan :
”Waktu menumis sayur taruh sedikit bawang putih, bawang putih sangat sensitif terhadap Aflatoksin dan Karsinogenik (penyebab kanker), kalau bawang putih berubah menjadi merah itu artinya minyak yang dipakai adalah minyak limbah yang mengandung banyak zat karsinogenik (penyebab kanker).
Jika minyak yang baik, bawang putih yang sudah ditumis warnanya akan putih. Dokter menekankan bahwa jika setiap orang yang menerima info ini dapat diteruskan ke 10 orang lain, tentu minimal satu nyawa akan terselamatkan. Semoga bermanfaat…”

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian