[SALAH] Kedinkes Semarang Menyebar Undangan Rapat Kerja Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan via WhatsApp

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi tersebut salah. Faktanya, undangan yang disebar melalui WhatsApp dan mengatasnamakan Kepada Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam, merupakan penipuan.

=====

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT / KONTEN TIRUAN

=====

Sumber: WhatsApp

=====

Narasi:
“Selamat Siang Saya dr. M.Abdul Hakam Sp.PD, (Kadis Kesehatan Kota Semarang), Menyampaikan Perihal Undangan Rapat Kerja Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan Dari Ditjen Yankes Untuk Katarina Trias Putri, No Peserta 09998879 Yg Akan Dilaksanakan Pada Tgl 29-30 Januari 2022 Di Hotel Hilton Surabaya, Untuk Peserta Di Tanggung Biaya Transportasi Oleh Panitia Penyelenggara Ditjen Yankes Kemenkes Rp 8 jt”

=====

Penjelasan:
Telah beredar sebuah pesan berantai melalui WhatsApp yang berisi undangan untuk menghadiri rapat kerja yang akan dilaksanakan pada 29-30 Januari di Surabaya. Terlebih lagi, dalam pesan tersebut juga menyebutkan penanggungan biaya transportasi sebanyak 8 juta rupiah.

Berdasarkan hasil penelusuran, undangan tersebut adalah palsu. Dinas Kesehatan Kota Semarang melalui Instagram resminya menegaskan bahwa pihaknya, terutama Abdul Hakam, tidak pernah menyebar undangan tersebut. Lebih lanjut, postingan Instagram tersebut dilengkapi dengan penjelasan sebagai berikut:

“WASPADA PENIPUAN YA LUR!!”

Kepalsuan informasi tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam website resminya dengan judul “[HOAKS] Undangan Rapat Peningkatan Kinerja Mengatasnamakan Kadis Kesehatan Kota Semarang”.

Dengan demikian, undangan yang disebar melalui WhatsApp terkait undangan rapat mengatasnamakan Abdul Hakam tersebut dapat dikategorikan sebagai konten tiruan.

=====

Referensi:
https://www.instagram.com/p/CY5wNd0vFBW/


-https://www.instagram.com/p/CTZHBlGPzYZ/?utm_medium=copy_link


-https://www.instagram.com/p/CTZJUMwnYLb/?utm_medium=share_sheet


https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5905882/waspada-beredar-pesan-hoax-catut-nama-kadinkes-kota-semarang