[SALAH] Kisah Mengharukan Thomas Alva Edison

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Informasi Palsu. Nancy Edison berterus terang kepada Thomas Alva Edison bahwa ia menderita disleksia, dan tidak pernah menyembunyikan fakta sebenarnya dari surat yang diberikan.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten Palsu

=====

SUMBER: Twitter

https://archive.ph/JU54D

=====

NARASI:
Thomas Alva Edison

Edison pulang dari sekolah membawa sepucuk surat. Sampai di rumah, dia berkata kepada ibunya, “Ini surat dari sekolah.” Airmata sang ibu tumpah membaca isi surat tersebut.

Dia lantas membacakan isi surat itu kepada Edison: “Putramu sangat cerdas, dan pihak sekolah merasa tidak sanggup memberikan pendidikan yang sesuai dengan standar kecerdasan putra anda. Oleh sebab itu, anda harus mendidiknya sendiri di rumah.”

=====

PENJELASAN:


Beredar postingan di Twitter oleh akun bernama @TaufikDamas, yang memposting cerita mengenai kisah hidup Thomas Alva Edison saat masih sekolah. Dalam narasinya, diceritakan bahwa Thomas Alva Edison diberikan surat oleh gurunya yakni pendeta G.B. Engle. Thomas pun memberikan surat tersebut kepada ibunya. Nancy Edison, memberitahu Thomas isi surat tersebut bahwa Thomas terlalu jenius di kelas, sehingga pihak sekolah tidak bisa memberikan kualitas pendidikan yang sesuai standart kecerdasan Thomas. Kemudian, ibunya memutuskan untuk mengajari Thomas di rumah, hingga akhirnya ia menjadi ilmuwan hebat.

Namun sesungguhnya, Nancy Edison berbohong perihal isi surat tersebut. Dinyatakan bahwa isi sebenarnya adalah, gurunya menganggap Thomas sebagai anak yang “kurang” dalam kecerdasan. Thomas Alva Edison menemukan surat tersebut setelah ibunya meninggal dan ia sudah menjadi penemu besar.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, beberapa poin dalam cerita tersebut adalah fakta. Memang benar bahwa ada salah satu guru Thomas yang menganggapnya bodoh. Hal ini dikarenakan, Thomas menderita disleksia sehingga sulit untuk mengikuti gaya pembelajaran di tahun 1800-an. Dan ibunya Nancy yang membuat Thomas menjadi ilmuwan hebat.

Nancy Edison mengetahui bahwa Thomas menderita disleksia dan menyadari bahwa pihak sekolah sangat kesulitan untuk mendidik Thomas. Namun kemudian, Nancy marah besar ketika membaca surat dari G.B.Engle dan langsung mengajak Thomas Alva Edison ke sekolah untuk bertemu G.B. Engle. Nancy memprotes cara kaku Engle dalam mengajar. Namun akhirnya, Nancy memutuskan untuk mengajari Thomas sendiri di rumah.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim @TaufikDamas adalah tidak benar dan termasuk kategori Konten Palsu.

=====
REFERENSI:
https://www.truthorfiction.com/after-a-schoolteacher-called-thomas-edison-addled-his-heroic-mother-stepped-in/?fbclid=IwAR07yKcgKfYo2X8HmVP7qwhtc4d9HBgh1QAQSIq8pWBRg3DAzOfun8nEsJ4

(HOAX) Cerita Inspiratif Thomas Alva Edison

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian