[SALAH] “Seorang gadis asal Arab Saudi meninggal dunia, setelah berhasil menghafal 30 juz Alquran”

Hoaks lama beredar kembali. BUKAN asal Arab Saudi. Gadis di foto itu diketahui merupakan Aisyah Bahar, 23 tahun, perempuan asal Makassar, Sulawesi Selatan yang meninggal pada Kamis, 04 Januari 2018.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Beredar artikel berjudul “Innalillahi, gadis ini meninggal tadi malam setelah berhasil menghafal 30 juz Al-Qur’an, semoga Husnul Khotimah” yang terbit di situs barbar.my.id pada Januari 2022. Pada paragraf awal artikel tersebut, terdapat narasi:

“Seorang gadis asal Arab Saudi meninggal dunia, setelah berhasil menghafal 30 juz Alquran. Gadis 15 tahun itu itu meninggal sehari sebelum ia mendapatkan penghargaan dari sekolahnya karena berhasil menghafal seluruh isi Alquran.”

Sumber: https://archive.ph/feiWL (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya gadis asal Arab Saudi yang meninggal dunia setelah berhasil menghafal 30 juz Al Quran merupakan klaim yang salah.

Faktanya klaim itu merupakan hoaks lama yang beredar kembali. Bukan asal Arab Saudi. Gadis di foto itu diketahui merupakan Aisyah Bahar, 23 tahun, perempuan asal Makassar, Sulawesi Selatan yang meninggal pada Kamis, 04 Januari 2018.

Sebelumnya klaim yang sama pernah diperiksa faktanya di artikel berjudul [SALAH] Foto “Seorang gadis asal Arab Saudi meninggal dunia, setelah berhasil menghafal 30 juz Alquran” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 23 Juli 2021.

Dilansir dari artikel ini, foto di artikel sumber klaim itu identik dengan foto Aisyah Bahar, 23 tahun, gadis asal Makassar, Sulawesi Selatan yang meninggal pada Kamis, 04 Januari 2018.

Aisyah Bahar merupakan alumni mahasiswa Peternakan Universitas Hasanudin Makasar. Ia meninggal dunia pada Kamis, 4 Januari 2018 di kediamannya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurut pengakuan ayah Aisyah, Andi Bahar Jufri, sebelum meninggal, putrinya sempat salat malam dan makan sahur untuk berpuasa sunah Senin-Kamis. Bahkan saat waktu Subuh Aisyah menyempatkan diri pergi ke masjid. Sepulang dari masjid, Aisyah mengaji, saat itulah Aisyah meninggal dunia di hadapan ayahnya.

Aisyah Bahar akrab disapa Ica itu tercatat sebagai mahasiswa Universitas Hasanuddin angkatan 2012. Ia telah dinyatakan lolos CPNS tahun 2017 dan diterima bekerja di Laboratorium Reproduksi Ternak Universitas Hasanudin Makasar. Sebelum meninggal, Aisyah sempat mengeluh sakit di bagian kepalanya.

“Sudah kita bawa ke dokter tapi tidak ada diagnosa apa-apa,”kata Andi Bahar Jufri ayah dari Aisyah Bahar.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2021/07/23/salah-foto-seorang-gadis-asal-arab-saudi-meninggal-dunia-setelah-berhasil-menghafal-30-juz-alquran/
https://www.liputan6.com/regional/read/3220178/detik-detik-aisyah-bahar-wafat-saat-baca-alquran
https://www.solopos.com/masya-allah-kisah-sempurna-aisyah-bahar-saat-alami-sakaratul-maut-882850

About Adi Syafitrah 1268 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo