[SALAH] Putri Bungsu Annisa Trihapsari Meninggal Dunia

Hasil Periksa Fakta Ari Dwi Prasetyo (Universitas Sebelas Maret).

Menurut penelusuran diketahui bahwa isi artikel tersebut terdapat misinformasi. Apabila melihat akun instagram pribadi Artis Annisa Trihapsari (@hapsarianissa29) tidak mengabarkan kabar duka apapun terkait dengan putri bungsunya. Selengkapnya pada bagian penjelasan

KATEGORI: konten yang menyesatkan

===

SUMBER: Facebook

http://web.archive.org/web/20220112151254/http://www.goldhill.my.id/2022/01/kabar-duka-innalillahi-wainnalillahi.html

===

NARASI:

“kabar duka innalillahi wainnalillahi rojiun ??Putri Bungsu Annisa Trihapsari Lulus Hafizah, Baru 12 Tahun Sudah Jadi Penghapal Alquran namun meninggal karena sakit paru paru ,semoga husnul khotimah amin”

===

PENJELASAN:

Dalam postingan yang dibagikan di Facebook tersebut menyebarkan link website dengan narasi putri bungsu Annisa Trihapsari yang menjadi penghapal Al-Qur’an namun meninggal dikarenakan sakit paru-paru.

Namun setelah di cek di website tersebut tidak menemukan berita mengenai kematian dari putri bungsu Annisa Trihapsari tersebut. Lalu ketika menelusuri akun Instagram dari Annisa Trihapsari (@hapsarianissa29) tidak ditemukan juga adanya postingan yang memberikan informasi mengenai kematian anak bungsunya tersebut.

Berita yang ditampilkan Di website tersebut hanya membahas mengenai prestasi anak bungsu Annisa Trihapsari sebagai penghapal Al-Qur’an yang mana hal ini merupakan informasi yang benar apabila melihat postingan Annisa Trihapsari (@hapsarianissa29) pada tanggal 21 Juni 2020. Jika mengacu kepada seluruh referensi, maka informasi mengenai Kematian Putri Bungsu Annisa Trihapsari masuk kedalam kategori konten yang menyesatkan.

===

REFERENSI:

https://www.instagram.com/hapsarianissa29/?fbclid=IwAR3tfikZVqSMfkxpPJizWLY5AfZ9B3-CcLw0nhyvw9mpd_4qqg3rITVNA6A

Penulis: Ari Dwi Prasetyo
Editor: Bentang Febrylian