[SALAH] Video “UFO alien di atas langit / banyak saksi”

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan

Faktanya, video tersebut bukan merupakan penampakan asli alien melainkan hanya video animasi yang dibuat untuk ilustrasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
================================
Konten: Konten Yang Menyesatkan
================================

Beredar sebuah video yang diunggah oleh akun Tiktok @UFOradar pada 12 Desember 2021 yang menunjukan penampakan alien turun dan berinteraksi langsung dengan salah satu seorang pria. Setelah alien pergi sebuah UFO mendekati kerumunan warga, namun seorang pria yang berinteraksi dengan alien itu mendekati UFO dan masuk ke dalam UFO tersebut.

Pada video tersebut terdapat narasi yang jika diterjemahkan dengan bahasa Indonesia adalah “UFO alien di atas langit / banyak saksi”

NARASI:

#ufocommunity #uforadar #ufo #realuap #uap #realufos #et #Extraterresstrial #ovnis #ufonews #uforeport #aliens

Sumber: https://archive.ph/09dcs (Arsip)
================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang memperlihatkan penampakan UFO dan alien tersebut hanya video animasi yang dibuat untuk ilustrasi

Faktanya, Video yang identik diunggah di kanal Youtube @cyberspace dan menjelaskan bahwa video tersebut hanyalah ilustrasi yang memperagakan tentang kisah penculikan seorang pria yang diculik oleh UFO.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh akun Tiktok @UFOradar tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan


REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=Uf9Grdwcvvs&t=17s

Penulis: Arief Putra Ramadhan
Editor: Adi Syafitrah