[SALAH] Video “China Meluncurkan Matahari Buatan”

Peluncuran roket yang TIDAK berkaitan dengan EAST (Experimental Advanced Superconducting Tokamak) atau matahari buatan. FAKTANYA, EAST adalah fasilitas Reaktor Fusi yang beroperasi di gedung, BUKAN Roket.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: Facebook, https://archive.md/v6wb9 (arsip cadangan).

NARASI: “Akhirnya Negeri Tirai Bambu, China Meluncurkan Matahari Buatan”.

“china luncurkan matahari buatan,, (kayaknya mau bersaing dengan Tuhan nih)”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video peluncuran roket dengan narasi atau klaim yang menghubungkan dengan EAST (Experimental Advanced Superconducting Tokamak) atau matahari buatan, sehingga membangun kesimpulan KELIRU.

Verifikasi Video

Asap hasil pembakaran roket.

Hasil pencarian Google – Video, kata kunci: “china east superconductor fusion reactor”. EAST adalah Reaktor Fusi, BUKAN Roket. [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google – Foto, kata kunci: “china east superconductor fusion reactor”. [3]

China.org.cn: “Reaktor fusi Eksperimental Superkonduktor Tokamak (EAST), dijuluki “matahari buatan”, diuji di Cina Akademi ilmu’ Lembaga dari Fisika Plasma di Hefei, ibu kota timur Cina’S Anhui Propinsi.” [4]

Google Earth: “Institute of Solid State Physics”. [5]

BATAN: “Reaktor fusi adalah suatu instalasi untuk mengubah energi yang terjadi pada reaksi fusi menjadi energi panas atau listrik yang mudah dimanfaatkan. Reaksi fusi merupakan reaksi penggabungan inti atom ringan, misalnya reaksi antara deuterium dan tritium. Deutrium sangat melimpah di alam, namun tritium tidak ada di alam ini. Oleh karena itu, bahan yang mengandung Li-6 digunakan sebagai selimut, selanjutnya direaksikan dengan neutron yang terjadi dari reaksi fusi untuk menghasilkan tritium, sehingga diperoleh siklus bahan bakar. Sistem reaktor fusi terdiri dari bagian plasma teras, selimut, bejana vakum, magnet superkonduktor, dan lain-lain. Dibandingkan dengan reaktor fisi, reaktor fusi tidak akan mengalami lepas kendali, dan sedikit menghasilkan produk radioaktif, sehingga memiliki tingkat keselamatan yang tinggi.” [6]

Hasil pencarian Google – News, kata kunci: “matahari buatan”. [7]

Dokumentasi peluncuran Roket Long March oleh Getty Images. [8]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] google.com, https://bit.ly/3HRHP9f / https://bit.ly/3zFyEpy (arsip cadangan).

[3] google.com, https://bit.ly/3qXWtoy / https://bit.ly/31E5RVJ (arsip cadangan).

[4] china.org.cn: “Uji Reaktor Fusi Termonuklir Baru China Berhasil” (Google Translate Chrome extension), https://archive.md/419KB (arsip cadangan) / https://archive.md/murk8 (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[5] earth.google.com, https://bit.ly/3n7PurV / https://archive.md/SEHpU (arsip cadangan).

[6] batan.go.id: “Reaktor dan Klasifikasinya”, https://bit.ly/3n8zeHc / https://archive.md/VVafC (arsip cadangan).

[7] google.com, https://bit.ly/3F7xWCt / https://bit.ly/3F80Geb (arsip cadangan).

[8] gettyimages.com, https://bit.ly/32XVCfm / https://archive.md/lCoSQ (arsip cadangan) dan https://bit.ly/3HLnSAS / https://archive.md/sCiTl (arsip cadangan).