[SALAH] Foto Jalan Raya di China Macet Total

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, foto tersebut adalah hasil proses penyuntingan dari foto jalan raya 405 Los Angeles, California yang diambil oleh Philip Greenspun tahun 1998.

Selengkapnya di bagian pembahasan.

====

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

====

Sumber: Twitter
https://archive.vn/gXrZC

====

Narasi:

“The China highway 110 traffic jam. It lasted for more than 10 days & each car moved at an estimated speed of 1km per day. Building tunnels will help in solving these. Boring company aspires to solve these.
@elonmusk”

“Jalan raya 110 China macet. Ini berlangsung selama lebih dari 10 hari & setiap mobil bergerak dengan kecepatan sekitar 1 km per hari. Membangun terowongan akan membantu dalam memecahkan ini. Perusahaan Boring bercita-cita untuk memecahkan ini.
@elonmusk”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Pranay Pathole (@PranayPathole) mengunggah cuitan pada 19 Desember 2021 berupa foto dengan narasi yang menjelaskan kemacetan terjadi di jalan raya 110 China. Cuitan tersebut mendapat atensi berupa 20,5 ribu suka dan 1,6 ribu retweet.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto cuitan tersebut telah melalui proses penyuntingan. Foto asli dari cuitan itu adalah foto jalan raya 405 Los Angeles, California yang diambil oleh Philip Greenspun dari Getty Center tahun 1998. Foto tersebut diunggah pada situs pribadi milik Philip dan juga dibahas pada sebuah artikel berjudul “When Photoshop is so good it’s bad” di Bricoleurbanism situs terbit pada 28 September 2010.

Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Pranay Pathole (@PranayPathole) dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi.

====

Referensi:


http://philip.greenspun.com/images/pcd0222/los-angeles-traffic-44.tcl

https://www.bricoleurbanism.org/whimsicality/when-photoshop-is-so-good-its-bad/

Editor: Bentang Febrylian