[SALAH] Burung Elang Ikan Menangkap Ikan Hiu dari Laut

Hasil Periksa Fathia IS.

Video yang diklaim memperlihatkan burung elang menerkam ikan hiu tersebut salah. Faktanya, ikan yang ditangkap tersebut bukanlah ikan hiu, melainkan ikan Spanish Mackerel yang berukuran besar.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Twitter
https://archive.md/4bjdf

= = =
Narasi:
“Osprey with shark he just caught flying over the beach.”

Terjemahan:
“Burung elang pemakan ikan dengan ikan hiu yang baru saja ditangkapnya terbang di sekitar pantai”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video di Twitter dengan klaim burung elang ikan menangkap ikan hiu dan beterbangan di sekitar pantai. Dalam video berdurasi 25 detik tersebut memperlihatkan seekor burung sedang terbang dengan mencengkeram ikan berukuran besar.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, melalui laman video.storyful.com yang pertama kali menyebarkan video tersebut mengklaim bahwa burung elang ikan tersebut menangkap ikan berjenis Spanish Mackerel. Ikan tersebut merupakan jenis ikan yang berukuran besar sehingga pada cengkeraman burung elang ikan tersebut terlihat seperti menangkap ikan hiu.

Kepalsuan klaim pada video tersebut sudah terkonfirmasi oleh HoaxEye yang aktif mengidentifikasi gambar atau video palsu yang tersebar di media sosial.

Dengan demikian klaim Burung Elang Ikan Menangkap Ikan Hiu dari Laut merupakan informasi yang tidak benar dan termasuk ke dalam kategori Konteks yang salah.

= = =
Referensi:
https://video.storyful.com/record/18114?s=09
https://twitter.com/hoaxeye/status/1474628395237584900?t=GBb5xY_0-hVPhA9fAKsIIw&s=19
https://en.wikipedia.org/wiki/Spanish_mackerel

= = =
Editor: Bentang Febrylian