[SALAH] Foto Herry Wirawan Mengenakan Jaket Banser

Hasil SUNTINGAN. FAKTANYA, foto yang ASLI memuat foto dari Hasan Muchtar, Sekretaris GP Ansor Kota Bekasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: Twitter, https://archive.md/8oaQp (arsip cadangan)

NARASI: “Ternyata dia anggota Banser juga…”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu” [1].

SUMBER membagikan foto hasil suntingan dari foto Hasan Muchtar, Sekretaris GP Ansor Kota Bekasi, dengan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menimbulkan kesimpulan yang SALAH.

Verifikasi Foto

Salah satu sumber foto ASLI, ANSOR JABAR ONLINE pada tahun 2019 lalu [2].

Salah satu sumber foto Herry Wirawan, detikNews: “Bandung – Herry Wirawan (36), guru pesantren di Bandung, memperkosa 12 santriwati hingga beberapa korbannya hamil dan melahirkan.” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Berkaitan dengan Hasan Muchtar,

Megapolindonesia/Kumparan: “BEKASI – Sekretaris Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Bekasi, Hasan Muhtar menyatakan bahwa aksi penyerangan rumah ibadah yang terjadi di Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Gereja Santa Lidwina Bedog, pada Minggu pagi, (11/2/2018) harus diusut secara tuntas oleh pihak kepolisian.” [4]

NU Online: “Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Bekasi Hasan Muchtar berharap anak-anak muda Nahdlatul Ulama (NU) harus lebih berani menunjukkan identitas di era kekinian. Karenanya, GP Ansor harus berkembang dengan masuk ke berbagai lini kehidupan masyarakat, terutama di kalangan pemuda.” [5]

Berkaitan dengan Herry Wirawan,

Hasil pencarian Google – News. [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] pwansorjabar.org: “Banser di bully, siapa bermain?”, https://bit.ly/3yWPBuU / https://archive.md/zWlpR (arsip cadangan).

[3] detik.com: “Ini Tampang Guru yang Perkosa 12 Santriwati di Bandung”, https://bit.ly/3swhUiE / https://archive.md/2P8EV (arsip cadangan).

[4] kumparan.com: “GP Ansor Bekasi: Pemerintah Harus Pulihkan Kerukunan Beragama Pasca Teror Di Jogjakarta”, https://bit.ly/3H3HXSk / https://archive.md/wm9vN (arsip cadangan).

[5] nu.or.id: “Ini Harapan Ansor Bekasi di Harlah Ke-84”, https://bit.ly/3H6hd3O / https://archive.md/TsbyG (arsip cadangan).

[6] google.com, https://bit.ly/3EoFd0q (arsip cadangan).