[SALAH] Bill Gates Pembuat Virus Covid-19

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Informasi Palsu. Bill Gates membantah bahwa Ia menciptakan virus Covid-19, sementara WHO sendiri masih dalam proses menyelidiki asal usulnya.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

=====

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====


SUMBER: Facebook

https://archive.vn/5n31Q

=====

NARASI:


Bill Gates is a virus
Bill Gates membuat virus komputer dan kemudian memberitahu semua orang bahwa mereka membutuhkan perangkat lunak anti-virus untuk menghilangkannya.
Bill Gates membuat virus manusia.
Dia bermitra dengan Big Pharma untuk melepaskan patogen.
Kemudian mereka mendapat untung dari “penyembuhan” melalui anti-virus (vaksin)
Bill Gates adalah bio-terrorist.

=====
PENJELASAN:
Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Bumi Nuswantara di grup “Penipuan Corona Yg Menyesatkan”. Ia memposting sebuah gambar disertai narasi yang menyatakan bahwa Bill Gates membuat virus komputer selain itu Bill Gates juga membuat virus manusia dan bekerja sama dengan Big Pharma serta mengambil keuntungan dari vaksinasi.

Postingan Bumi Nuswantara tersebut beredar di tengah pandemi Covid-19 dan program vaksinasi yang digalakkan pemerintah. Menurutnya virus Covid-19 adalah buatan Bill Gates dan ia mengambil keuntungan materi dari program vaksinasi.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, klaim bahwa Bill Gates pembuat virus Covid-19 adalah hoaks. Dilansir dari laman Reuters, Bill Gates membantah bahwa dirinya yang membuat virus Covid-19.

Isu mengenai Bill Gates pembuat virus Covid-19 dan bekerja sama dengan perusahaan farmasi untuk meraup keuntungan, sudah banyak beredar sejak awal pandemi Covid-19. Meski begitu tidak ada bukti konkret bahwa Bill Gates yang membuat virus Covid-19.

WHO sampai saat ini pun masih dalam tahap proses pencarian asal-usul virus Covid-19. Berdasarkan laporan terakhir 30 Maret 2021, WHO masih perlu waktu dan bukti yang banyak untuk menyimpulkan terkait asal-usul virus Covid-19.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Bumi Nuswantara adalah hoaks dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

=====
REFERENSI:
https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/07/205202965/hoaks-bill-gates-membuat-virus-manusia?page=all#page2


https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-gates-conspiracies-idUSKBN29W0Q3

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian