[SALAH] Cuitan “Detik detik gempa mengguncang NTT”

BUKAN peristiwa gempa di NTT. FAKTANYA, video yang dibagikan adalah rekaman peristiwa Gempa Padang pada tahun 2009 lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: Twitter, https://archive.md/z1IgU (arsip cadangan).

NARASI: “Detik detik gempa mengguncang NTT.

Semoga tdk ada korban jiwa.”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video rekaman peristiwa Gempa Padang pada tahun 2009 dengan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menimbulkan kesimpulan yang SALAH.

Verifikasi Video

Salah satu video yang identik, Yusuf Adni di YouTube pada 9 Oktober 2009: “Video Amatir Saat Terjadinya Gempa Padang Sumatera Barat 2009” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Salah satu sumber video lainnya yang identik, save green di YouTube pada 4 Juli 2018: “bencana gempa bumi di padang yg menyedihkan tahun 2009” [3]

VOI: “Pada 30 September 2009, gempa berkekuatan 7,6 SR mengguncang Sumatera Barat. Kota Padang menjadi daerah yang paling berdampak. Gempa juga bahkan terasa sampai Jabodetabek, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.” [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] youtube.com: “Video Amatir Saat Terjadinya Gempa Padang Sumatera Barat 2009”, https://bit.ly/3ynEvPo / https://bit.ly/30sJ3aS & https://archive.md/BoaJl (arsip cadangan).

[3] youtube.com: “Video Amatir Saat Terjadinya Gempa Padang Sumatera Barat tahun 2009”, https://bit.ly/3pV9KOb / https://bit.ly/3IRTc1W & https://archive.md/ZXNur (arsip cadangan).


[4] voi.id: “Gempa Padang Meluluhlantakkan Pemukiman dalam Sejarah Hari Ini, 30 September 2009”, https://bit.ly/3E76DYB / https://archive.md/cArXi (arsip cadangan).