[SALAH] Video Letusan Gunung White Island di New Zealand

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim pada video tersebut tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan simulasi yang dibuat untuk Museum Auckland.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah

= = = = =
SUMBER: Twitter
https://archive.ph/7oX2Y


= = = = =

NARASI:
“DAHSYATšŸ˜­ Sebuah kamera yg diletakkan di suatu rumah merekam letusan gunung White Island di New Zealand, yg merenggut 22 nyawa pd 9 Des 2019. Tunggu 24 detik sampai alam menunjukkan kedahsyatannya.
Kamera sempat “mati”, tapi tayangan video ini blm berakhir! Tunggu 24 detik lagi”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Twitter @Haidar_Bagir memposting sebuah video berdurasi 2 menit 18 detik yang menampilkan sebuah letusan. Pada postingan terdapat narasi yang mengklaim video tersebut merupakan rekaman letusan gunung White Island di New Zealand. Letusan gunung yang terjadi pada 9 Desember 2019 merenggut 22 nyawa.

Setelah ditelusuri, melansir dari newshub.co.nz ditemukan sebuah artikel dengan judul “Fake videos of White Island eruption go viral” jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi “Video palsu letusan White Island menjadi viral”. Dalam artikel tersebut terdapat video yang sama dengan video pada Twitter. Namun klaim pada postingan tersebut tidak benar, sebenarnya video tersebut merupakan simulasi yang dibuat untuk Museum Auckland, video tersebut menunjukan kehancuran yang diakibatkan oleh letusan gunung berapi bawah laut di Auckland.

Dengan demikian klaim bahwa video tersebut merupakan rekaman letusan gunung White Island di New Zealand tidak benar. Video pada postingan Twitter merupakan video simulasi yang dibuat untuk Museum Auckland sehingga masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.newshub.co.nz/home/new-zealand/2019/12/fake-videos-of-white-island-eruption-go-viral.html

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian