[SALAH] Video “Gunung Semeru Meletus”

BUKAN video letusan Gunung Semeru. FAKTANYA, video yang disebarkan di bagian akhir menampilkan video aliran Lava dari Gunung Kilauea yang meletus pada tahun 2017 lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: TikTok, https://bit.ly/3lLG44Q & https://archive.md/BGOcn (arsip cadangan).

NARASI: “Gunung Semeru Meletus”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video yang di bagian akhir menampilkan video aliran Lava dari Gunung Kilauea yang meletus pada tahun 2017 lalu dengan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menimbulkan kesimpulan yang SALAH.

Verifikasi Video

Salah satu video yang mendokumentasikan peristiwa yang sama, video oleh Big Island Video News yang dipublikasikan pada tahun 2017 lalu. [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian video di Google. [3]

Hasil pencarian berita di Google. [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] youtube.com: “Lava Fire Hose Described By Volcano Scientist (Jan. 30, 2017)”, https://bit.ly/3dyg2NV / https://bit.ly/3oDnOw7 & https://archive.md/feEdr (arsip cadangan).

[3] google.com – video: “kilauea lava pour 2017”, https://bit.ly/3oFubiM / https://bit.ly/3lRFJO1 (arsip cadangan).

[4] google.com: “kilauea eruption 2017”, https://bit.ly/3y6Eqj6 / https://bit.ly/3DGoXqW (arsip cadangan).