[SALAH] Video Lahar Panas Gunung Semeru

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Faktanya, video tersebut merupakan video aliran lava Gunung Kilauea di Hawaii yang telah mengalir sejak tebing delta lava runtuh pada Desember 2016, bukan video lahar panas Gunung Semeru. Video serupa pertama kali diunggah di situs resmi Badan Survei Geologi Amerika Serikat pada 28 Januari 2017.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/1lUKO

= = = = =

NARASI:

“ya allh, gunung Semeru meletus, lahar panas nya keluar. semoga selamat semua.”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna “Cantika putri” (https://www.facebook.com/CantikaPutri00/) mengunggah sebuah video yang menunjukkan lava yang mengalir ke laut. Video tersebut juga disertai keterangan yang menyatakan bahwa video tersebut merupakan video lahar panas Gunung Semeru yang keluar setelah erupsi.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video lahar panas Gunung Semeru, melainkan video aliran lava Gunung Kilauea di Hawaii yang telah mengalir ke laut sejak tebing delta lava runtuh pada Desember 2016. Video serupa pertama kali diunggah oleh Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) pada 28 Januari 2017. Video tersebut dapat dilihat di situs resmi USGS, usgs.gov, dengan judul video “Close Up of Lava Ocean Entry”.

Melansir dari situs resmi MAGMA Indonesia, lava sendiri merupakan aliran magma yang keluar dari gunung berapi melalui kawah gunung atau celah patahan yang terdapat pada gunung berapi. Sedangkan, lahar merupakan aliran material vulkanik seperti batu, kerikil, atau debu yang telah bercampur dengan air.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Cantika putri” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.usgs.gov/media/videos/close-lava-ocean-entry

https://www.nytimes.com/2017/02/02/science/hawaii-lava-stream.html

https://www.liputan6.com/global/read/2844290/rekaman-dramatis-aliran-lava-panas-ke-laut-di-hawaii

https://magma.esdm.go.id/v1/edukasi/glossary

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian