[SALAH] Akun Facebook “Pemberitahuan Id”

BUKAN bagian dari Facebook. FAKTANYA, akun tersebut melakukan PENIPUAN dengan cara MENGAMBIL ALIH akun pengguna yang membuka tautan dan mengisi kredensial di laman yang diberikan. JANGAN membuka tautan yang dibagikan oleh akun tersebut, SANGAT DISARANKAN untuk mengaktifkan fitur Autentikasi Dua Faktor dan mengikuti langkah-langkah petunjuk keamanan yang sudah disediakan oleh Facebook untuk mencegah pencurian akun.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten Palsu.

SUMBER: Facebook, https://bit.ly/3pxGHjh & https://archive.md/9hrDr (arsip cadangan).

NARASI: “M – UTUSAN RESMI FACEBOOK
Facebook Yang Anda Gunakan Akan Dinonaktifkan Karena Telah Melanggar Setandar Komunitas Facebook.
Apabila Anda Tidak Merasa Bahwa Tidak Melanggar Syarat & Ketentuan Facebook Maka
Kami Akan Membantu Anda Untuk Segera Memulih kan Facebook Anda
Silakan Klik Tautan Di Bawah Ini Dan Konfirmasi Data Data Facebook Anda Dengan Benar :
https://bit.ly/layananpemulihanfacebook_id
Apabila Anda Tidak Segera Memulihkan Facebook Anda Maka Facebook Anda Akan Di Nonaktifkan Tanpa Pemberitaan Lagi.
Terimakasih,
Facebook.Inc”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konten Palsu: Konten baru yang 100% salah dan didesain untuk menipu serta merugikan” [1].

SUMBER melakukan PENIPUAN dengan membagikan tautan yang jika dibuka dan diisi dengan kredensial akan MENGAMBIL ALIH akun pengguna.

Verifikasi Tautan

CheckShortURL, tautan pendek https://bit.ly/layananpemulihanfacebook_id jika dibuka akan membawa ke tautan laman form pengisian [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Facebook, laman panduan autentikasi dua faktor. [3]

Facebook, laman panduan keamanan akun. [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] checkshorturl.com: “Long URL https://forms.zohopublic.com/akunmurah0722/form/KonfirmasiIdentifikasiAnda/formperma/_uyNaej2ITsUri8LDe9u9RrtaPnRWyn-QhJ9PWTG8BY”, https://bit.ly/3IpxWR3 / https://archive.md/Exwu9 (arsip cadangan).

[3] facebook.com: “Autentikasi Dua Faktor”, https://bit.ly/3y0v8F8 / https://bit.ly/3Ex6bnb & https://archive.md/9mouS (arsip cadangan).

[4] facebook.com: “Tetap Aman dan Nyaman”, https://bit.ly/3oxFycu / https://bit.ly/3xYYVOE & https://archive.md/A9ZM3 (arsip cadangan).