[SALAH] Menempelkan Bawang Putih Di Telinga, Dapat Sembuhkan Sakit Kepala

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya sampai sekarang, belum ada penelitian yang dapat membenarkan metode itu. Sejauh ini, penggunaan bawang putih sebagai obat harus menggunakan komponen pendukung seperti salep atau krim.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTEN/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
archive.vn/Mweog
https://www.facebook.com/100004685581117/posts/1685810558251781/

=====
[NARASI]:

“Obat herbal jika sakit kepala tak tertahankan

Ambil satu bawang putih besar lalu buang kulitnya trus potong 2 tempel di lubang telinga jgn sampe masuk ke telinga yahh trus tidur insyaallah sakitnya akan reda

Selamat mencoba 😁”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa menempelkan bawang putih di telinga dapat mengobati sakit kepala. Dalam unggahannya, akun bernama Afri Fauzan Askar ini menjelaskan cara menggunakan bawang putih yaitu dengan membelah bawang putih menjadi dua, menempelkannya di lubang telinga lalu tidur.

Namun setelah mengecek kebenaran tentang klaim menempelkan bawang putih di telinga dapat menyembuhkan sakit kepala, diketahui ternyata itu merupakan klaim yang keliru.

Dokter spesialis THT yang berpraktik di Rumah Sakit RS Columbia Asia (RSCA) Medan, Prof. Dr. dr. Delfitri Munir, Sp.T.H.T.K.L(K) mengatakan, belum ada penelitian yang bisa membuktikan kebenaran metode tersebut.

“Belum ada penelitian tentang penyerapan bawang putih langsung melalui kulit. Demikian juga belum ada bukti penelitian mengenai penanggulangan penyakit telinga dengan menempelkan bawang putih di liang telinga,” kata Delfitri kepada Kompas.com, Senin (29/11/2021).

Delfitri menjelaskan, bawang putih memang bermanfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, penggunaannya bukan dengan ditempelkan di liang telinga.

Jadi dapat disimpulkan, narasi yang mengklaim bahwa menempelkan bawang putih ke telinga dapat menyembuhkan sakit kepala merupakan hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

[REFERENSI]:

https://amp.kompas.com/tren/read/2021/11/30/080300465/-hoaks-menempelkan-bawang-putih-di-telinga-bisa-obati-pusing

https://m.antaranews.com/berita/2558189/misinformasi-sakit-kepala-reda-dengan-menaruh-bawang-putih-di-telinga

https://m.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-disinformasi-menaruh-bawang-putih-diklaim-bisa-meredakan-sakit-kepala.html

=====
Editor: Bentang Febrylian