[SALAH] Video “Pemuda Pemudi Ini Terkena Sindrom Tiktok”

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Isi dari video tersebut merupakan parodi. Sindrom yang membuat tubuh seseorang melakukan gerakan repetisi di luar kemampuan otak memang ada, namun hal tersebut tidak membuat gerakan seperti yang ada di video tersebut.

= = = =

KATEGORI: Satire atau parodi.

= = = =

SUMBER:
Facebook
https://archive.ph/ukXdE

= = = =

NARASI:

(Narasi dalam video)

“PEMUDA PEMUDI INI TERKENA SINDROM TIKTOK”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah video di grup Facebook Random Videos on Internet oleh akun Farzil Akbar yang mengatakan bahwa terdapat seseorang yang diklaim terkena sindrom tiktok. Video tersebut menunjukkan terdapat seseorang yang sedang diwawancara yang mengaku terkena sindrom tiktok.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Isi dari video tersebut merupakan parodi. Sindrom yang membuat tubuh seseorang melakukan gerakan repetisi di luar kemampuan otak memang ada. Sindrom tersebut bernama tourette syndrome. Namun gerakan yang dialami oleh penderita tourette syndrome tidak seperti gerakan yang ada di video tersebut. Hasil periksa fakta dengan narasi serupa juga sudah diunggah pada laman turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Video ‘Remaja Ini Terkena Tiktok Syndrome'”.

Dengan demikian, video yang diunggah pada grup Facebook Random Videos on Internet oleh akun Farzil Akbar tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori satire atau parodi.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://turnbackhoax.id/2020/06/27/salah-video-remaja-ini-terkena-tiktok-syndrome/
  2. https://www.suara.com/news/2020/06/24/121452/heboh-pengakuan-penderita-tiktok-syndrome-ini-faktanya

Penulis: Nadine Salsabila

Editor: Bentang Febrylian