[SALAH] Akun WhatsApp Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi “+6281937035653”

hasil periksa fakta Rahmah a n ((Uin Sunan Ampel Surabaya)

Faktanya, melalui akun Instagram @pdiskominfo.samarinda, pihak diskominfo menyatakan bahwa akun Whatsapp tersebut adalah palsu dan warga diimbau untuk berhati-hati dan melaporkan ke Dinas Kominfo Samarinda jika menerima pesan yang berbau penipuan ini.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = =

SUMBER: WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“+6281937035653 : Assalamu’alaikum wr.wbBenar dengan ust. M. Hafidz pengurus Ponspes Shuffah Hizbullah(Wa’alaikumsalam wr wb. Iya betul)Perkenalkan saya Wawako kota Samarinda H. RusmadiSaya mendapatkan amanah dari bapak Wako Samarinda H. Andi HarunBeliau ingin mendonasikan dana bantuan ke seluruh tempat-tempat ibadah dan yayasan yang ada di kota SamarindaDan untuk saat ini donasi bantuan tersebut tertuju kepada Ponpes Shuffah Hizbullah”

= = = = =

PENJELASAN:Beredar akun WhatsApp Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi. Akun tersebut menggunakan nama dan foto profil Rusmadi dan akan memberikan bantuan ke sejumlah rumah ibadah dan yayasan.

Melalui akun Instagram Diskominfo Samarinda (@diskominfo.samarinda), pihak Diskominfo menyatakan bahwa akun WhatsApp tersebut adalah palsu. Lebih lanjut, pihak Diskominfo juga menambahkan jika Pemerintah Kota Samarinda akan membagikan donasi secara resmi hanya dilakukan pemerintah kota bukan secara pribadi.

Dengan demikian, diharap warga berhati-hati dan bisa melakukan konfirmasi ke Diskominfo Samarinda terkait hal berbau penipuan. Maka akun WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CWZUFjqvi7I/…

https://kaltimfaktual.co/…/beredar-akun-whatsapp-catut…/