[SALAH] Aliansi Dokter Dunia Mengatakan Bahwa Varian Delta Tidak Ada

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Kompas, Epidemiolog asal Universitas Gadjah Mada (UGM), yakni Bayu Satria Wiratama mengatakan bahwa varian delta terbukti ada dan berasal dari India.

= = = =

KATEGORI: misleading content atau konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Facebook
https://archive.fo/do9sH

= = = =

NARASI:

“Aliansi dokter dunia menyatakan bahwa VARIAN DELTA (INDIA) TIDAK ADA”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi melalui grup Facebook Penipuan CORONA Yg Menyesatkan oleh akun Agung Sedayu yang mengatakan bahwa Covid-19 varian delta tidak ada. Video tersebut juga menyantumkan sebuah video yang mengatakan bahwa varian delta hanyalah politik ketakutan yang merampas kebebasan.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Kompas, Epidemiolog asal Universitas Gadjah Mada (UGM), yakni Bayu Satria Wiratama mengatakan bahwa varian delta terbukti ada dan berasal dari India. WHO mengatakan bahwa varian tersebut berasal dari India, hanya saja penamaannya diganti sehingga tidak terikat satu negara.

Dengan demikian, narasi yang diunggah pada grup Facebook Penipuan CORONA Yg Menyesatkan oleh akun Agung Sedayu tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.kompas.com/tren/berita/170500265–hoaks-aliansi-dokter-dunia-menyatakan-varian-delta-tidak-ada?page=all
  2. https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/5b2m0WdN-cek-fakta-aliansi-dokter-dunia-sebut-varian-delta-tidak-pernah-ada-ini-cek-faktanya

Penulis: Nadine Salsabila

Editor: Bentang Febrylian