[SALAH] Undangan Psikotes PT. Astra

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Kompas, Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk, yakni Boy Kelana Soebroto menegaskan bahwa setiap lowongan dan informasi resmi terkait pekerjaan dari Astra dan Grup Astra selalu diumumkan melalui laman resmi di https://career.astra.co.id/.

= = = =

KATEGORI: impostor content atau konten tiruan

= = = =

SUMBER:
Tangkapan layar Whatsapp

= = = =

NARASI:

“Selamat sore
Kpd. Sdr/i

Pengajuan lamaran anda yang telah anda tujukan untuk PT ASTRA (GROUP) Via Formulir Pendaftaran Online telah kami terima. Selanjutnya harap hadir untuk menjalani Psikotes pada jadwal dan tempat sebagai berikut : ??

Waktu : ??
Hari Selasa, 16-11-2021
Pada Pkl 08.00 s/d 11.00 WIB

Bertempat di : ??
Recruitment Office
JL. Raya I Gusti Ngurah Rai
No. 8. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur (Sebrang STASIUN KLENDER BARU, Kaca Hitam)

  • Harap membawa Surat Lamaran Kerja
  • Alat tulis
  • Berpakaian hitam putih & pakai sepatu (bebas sopan)
  • Memakai masker

Untuk posisi : Operator Produksi
Bertemu dengan Bpk. Rian (K-HR)

Note :

  • Undangan ini Tidak melalui yayasan/outsourcing
  • Bagi Peserta yg saat ini bertempat tinggal di Prov. Jawa Tengah/Timur & Luar P.Jawa
    dapat mengambil jadwal pada hari Rabu, 17-11-2021 ditempat dan jam yg sama diatas

Terima kasih.”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi melalui pesan Whatsapp yang menginformasikan undangan psikotes yang diadakan oleh PT. Astra. Narasi tersebut juga menginformasikan ketentuan-ketentuan dalam mengikuti psikotes tersebut.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Kompas, Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk, yakni Boy Kelana Soebroto menegaskan bahwa setiap lowongan dan informasi resmi terkait pekerjaan dari Astra dan Grup Astra selalu diumumkan melalui laman resmi di https://career.astra.co.id/. Alamat yang dicantumkan dalam narasi tersebut juga bukan merupakan alamat PT. Astra. Alamat PT. Astra merupakan Menara Astra Lt. 59, Jl. Jenderal Sudirman Kav 5-6, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pihak PT. Astra mengimbau masyarakat agar berhati-hati jika ada undangan serupa. Informasi mengenai rekrutmen Astra juga bisa diketahui melalui akun Instagram resmi PT. Astra di @Astra_career ataupun di akun LinkedIn PT. Astra International Tbk.

Dengan demikian, narasi pada pesan Whatsapp yang menginformasikan terkait undangan psikotes PT. Astra tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori impostor content atau konten tiruan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/17/203000265/-hoaks-undangan-psikotes-lamaran-kerja-di-pt-astra-group-?page=all&jxconn=119erbcy
  2. https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/ObzVjJgb-cek-fakta-jika-anda-menerima-surat-panggilan-psikotes-calon-pegawai-astra-group-simak-faktanya-di-sini

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian