[SALAH] Judul Artikel Berita detiknews “Pas Saya Mimpin Hampir Seluruh Rakyat Jadi Gila”

Hasil Periksa Fakta Ani R

Judul Editan. Judul aslinya adalah “Jokowi Minta Sekolah Ajarkan Anak-anak Gemar Konsumsi Buah Nusantara”, diterbitkan pertama kali oleh detikNews pada Senin, 09 Agustus 2021 pukul 17.07 WIB, dengan nama penulisnya yakni Kanavino Ahmad Rizqo.

Selengkapnya baca di PENJELASAN di REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

=====

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/sFrpf

=====

NARASI:
“pas saya mimpin hampir seluruh rakyat jadi gila”

“Putra Inka Nah Ini Dia Sentil Plesiden Negeri +62. Gimana Rakyat Ngak Hampir Gila Pak… Dulu Presiden Pusing Memikirkan RAKYATNYA ,Kalau Di Rezim Ini RAKYAT Yang Pusing Memikirkan Presidennya !! Yang Gila Ngutang Dan Ngibul.”

=====

PENJELASAN:
Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Putra Inka, yang membagikan postingan hasil screenshot artikel berita dari detikNews dengan judul “pas saya mimpin hampir seluruh rakyat jadi gila”. Diketahui dari postingan, artikel tersebut ditulis oleh Kanavino Ahmad Rizqo pada Senin, 09 Agustus 2021.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, ditemukan bahwa judul artikel tersebut adalah editan. Judul tersebut telah diedit dari artikel aslinya yang berjudul “Jokowi Minta Sekolah Ajarkan Anak-anak Gemar Konsumsi Buah Nusantara”, diterbitkan oleh detikNews di situs resminya news.detik.com, adapun penulis dan tanggal terbit artikel tersebut, berikut juga gambar Presiden Jokowi yang terpampang pada headline, kesemuanya sama persis.

Isi dari artikel berita yang asli menginformasikan bahwa Presiden Jokowi meminta sekolah memasukkan muatan pesan tentang pentingnya memakan buah-buahan Nusantara, agar generasi muda semakin mencintai buah-buahan lokal.

“Saya juga minta edukasi untuk mengonsumsi buah-buahan Nusantara dilakukan secara berkelanjutan. Masuk dalam muatan pesan dalam sistem pendidikan kita di sekolah-sekolah, disampaikan terus-menerus sebagai bagian dari edukasi keluarga dan juga komunitas sehingga menjangkau anak-anak kita agar generasi muda semakin mencintai buah-buahan lokal,” jelas Presiden Jokowi.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Putra Inka adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

=====
REFERENSI :

https://www.google.com/amp/s/news.detik.com/berita/d-5675892/jokowi-minta-sekolah-ajarkan-anak-anak-gemar-konsumsi-buah-nusantara/amp

=====

Penulis: Ani R
Editor: Bentang Febrylian