[SALAH] Akun WhatsApp Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah Membagikan Donasi

hasil periksa fakta Rahmah a n (UIN Sunan Ampel Surabaya).

Faktanya, melalui akun Instagram @pemkabgresik, pihak pemkab menegaskan bahwa akun Whatsapp tersebut adalah palsu dan jangan mudah percaya terhadap akun yang mengatasnamakan Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“Perkenalkan saya ibu Aminatun Habibah mewakili dari pemkab gresik. Tujuan saya menghubungi saat ini terkait pembagian donasi dari pemkab gresik dan ditujukan ke tempat ibadah khususnya yang masih masuk wilayah gresik.
Pembagian donasi ini dilaksanakan oleh pemkab setiap 5 tahun sekali dan bertujuan untuk membantu kebutuhan tempat ibadah. Maaf sebelumnya ddengan saudara siapa saat ini saya terhubung,”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar akun WhatsApp Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah dengan nomor +6285784906027. Akun tersebut menggunakan nama dan foto profil Bu Min panggilan akrab Aminatun Habibabh, serta menawarkan bantuan donasi.
Melalui akun Instagram, Pemkab Gresik menyatakan bahwa nomor yang digunakan serta akun WhatsApp tersebut adalah bukan miliknya. Lebih lanjut, pihak Pemkab Gresik juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak tidak mudah percaya apabila menerima segala chat dan mengatasnamakan pejabat Pemkab Gresik.

“WASPADA HOAX! Chat WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Gresik, Dra. Hj. AMINATUN HABIBAH, M.Pd (Bu Min) dan chat yang mengaku sebagai Sekretaris Wakil Bupati atas nama Guntur Muladi,” tulis pihak Pemkab Gresik melalui akun Instagram @pemkabgresik pada Selasa (26/10).

Dengan demikian, akun WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah untuk menawarkan donasi dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CVhRX4_p4ZF/?utm_medium=copy_link

https://seputargresik.jurnalisindonesia.id/read/28090/Waspada-Hoax-Jika-Anda-Terima-Pesan-dari-Orang-yang-Mengaku-Wakil-Bupati-Gresik-dan-Sekretarisnya-Segera-Konfirmasi