[SALAH] Tol Semarang-Batang Tutup Total

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Informasi tidak benar. PT Jasamarga dan PPK Kawasan Industri Batang mengatakan sistem yang digunakan saat pemasangan girder Jembatan Kedawung di KM 368+100 adalah buka-tutup.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten Menyesatkan

= = = = =
SUMBER: Facebook
(arsip) https://archive.ph/1eQBf\
https://web.facebook.com/amproduction2/videos/233569418836175?_rdc=1&_rdr


= = = = =

NARASI:
Caption
“Jalan Tol Semarang – Batang akan ditutup total”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Seputar Pantura pada 23 Oktober 2021 pukul 08.08 memposting sebuah video ruas Tol Semarang – Batang beserta narasi yang mengklaim tol tersebut tutup total karena pemasangan girder Jembatan.

Setelah diteluari dengan kata kunci “Tol Semarang – Batang” muncul beberapa artikel berita. Salah satunya artikel milik Tempo.co yang diunggah pada 23 Oktober 2021 pukul 06.57 dengan judul “Tol Semarang-Batang Terapkan Buka-Tutup Selama Pemasangan Jembatan Kedawung”. Dalam artikel tersebut PT Jasamarga Semarang Batang memastikan tidak ada penutupan total ruas tol selama pemasangan girder Jembatan Kedawung di KM 368+100 ruas Tol Semarang-Batang. Terkait arus lalu lintas nantinya akan di berlakukan sistem buka tutup.

Infomasi yang sama juga keluar dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kawasan Industri Batang I Nugraha. Melansir dari Kompas.com, pihakya berkoordinasi dengan PT JSB dan atas diskreksi Kepolisian akan melakukan pengaturan lalu lintas dengan skema buka tutup lajur secara situasional.

Dengan demikian klaim bahwa Tol Semarang-Batang ditutup total tidak benar. PT jasamarga dan PPK Kawasan Industri Batang mengatakan sistem yang digunakan saat pemasangan girder Jembatan Kedawung di KM 368+100 adalah buka-tutup sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://bisnis.tempo.co/read/1520246/tol-semarang-batang-terapkan-buka-tutup-selama-pemasangan-jembatan-kedawung/full&view=ok
https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/04/140500665/-hoaks-jalan-tol-semarang-batang-ditutup-total-hingga-hari-ini?page=all#page2

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Dedy Helsyanto