[SALAH] PSI Membuka Lowongan Specialist Social Media dengan Gaji Rp60 Ribu Setiap Bulan

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PSI, yakni Satia Chandra Wiguna mengaku memang tengah membuka lowongan untuk specialist social media. Namun, gaji yang diberikan adalah Rp6 juta, bukan Rp60 ribu.

= = = =

KATEGORI: false context atau konteks yang salah

= = = =

SUMBER:
Facebook
https://archive.ph/q7XXa

= = = =

NARASI:

“gaji 60rb kalo ditekunin selama 1000 bulan bisa menghasilkan 60jt 🙏”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi melalui akun Facebook Yuanjia Hui yang menginformasikan bahwa Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sedang mencari specialist social media. Narasi tersebut juga mencantumkan bahwa gaji yang diberikan adalah Rp60 ribu untuk satu bulan.

Setelah melakulan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PSI, yakni Satia Chandra Wiguna mengaku memang tengah membuka lowongan untuk specialist social media. Namun, gaji yang diberikan adalah Rp6 juta, bukan Rp60 ribu. Hal ini juga sudah dikonfirmasikan kepada HRD PSI bahwa gaji yang diketikkan adalah Rp6 juta.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook Yuanjia Hui tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori false context atau konteks yang salah.

= = = =

REFERENSI

  1. https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/GKdJ12db-cek-fakta-psi-buka-lowongan-kerja-bergaji-rp60-ribu-per-bulan-ini-faktanya
  2. https://www.suara.com/news/2021/11/02/181129/viral-buka-lowongan-kerja-bergaji-rp-60-ribu-per-bulan-psi-ada-yang-iseng?page=all

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian