[SALAH] “CEO Pfizer ditangkap, didakwa dengan penipuan”

Informasi palsu. Klaim CEO Pfizer, Albert Bourla ditangkap tersebut berasal dari situs yang sering menerbitkan artikel yang tidak terbukti kebenarannya. Sampai saat ini juga tidak ada laporan yang memberitakan soal penangkapan CEO Pfizer selain dari situs conservativebeaver[dot]com tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konten Palsu
===========================================

Akun Facebook El Shaarawy (fb.com/100069169790304) pada 6 November 2021 membagikan gambar tangkapan layar artikel terjemahan yang berjudul “CEO Pfizer ditangkap, didakwa dengan penipuan – pemadaman media sebagai tren #PfizerGate” yang diterbitkan di situs conservativebeaver[dot]com pada 5 November 2021.

Sumber: https://bit.ly/3qmCb9g (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa CEO Pfizer, Albert Bourla ditangkap dan didakwa dengan penipuan merupakan klaim palsu.

Faktanya, klaim itu merupakan informasi palsu. Klaim CEO Pfizer, Albert Bourla ditangkap tersebut berasal dari situs yang sering menerbitkan artikel yang tidak terbukti kebenarannya. Sampai saat ini juga tidak ada laporan yang memberitakan soal penangkapan CEO Pfizer selain dari situs conservativebeaver[dot]com tersebut.

Dilansir dari Republika yang mengutip Snopes, website cek fakta. Menurut Snopes, artikel itu bukan berita yang sebenarnya.

“Conservative Beaver memublikasikan campuran komentar berita dan hoaks konspirasi,” tulis Snopes.

Menurut Snopes, Conservative Beaver juga pernah menerbitkan kabar fiktif yang menyebut aktor Alec Baldwin ditangkap setelah terlibat kasus pornografi anak. Mengenai penangkapan Bourla, Snopes menunjukkan bahwa pada hari yang sama dengan pemberitaan Conservative Beaver, CEO Pfizer itu terlihat tampil di beberapa TV, termasuk CNN.

Pada Jumat (5/11/2021), dalam wawancaranya dengan CNN dan CNBC, Bourla menginformasikan pil baru Pfizer yang disebut menjanjikan untuk mengatasi Covid-19. Snopes menyebut, media arus utama memang tak ada yang memberitakan kabar penangkapan Bourla lantaran itu tidak terjadi.

REFERENSI
https://www.republika.co.id/berita/r25wju414/ceo-pfizer-kena-hoaks-disebut-ditangkap-fbi-part1
https://www.snopes.com/fact-check/pfizer-albert-bourla-arrested/

About Adi 1395 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo