[SALAH] Amazon Menyemprotkan Cairan yang Berbahaya untuk Kucing Pada Kardus Paketnya

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah, setelah ditelusuri Amazon telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak pernah menyemprotkan cairan apa pun pada kardus kotak paketnya, termasuk cairan pestisida atau disinfektan hingga membahayakan kucing.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.
= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Facebook https://bit.ly/3CCLRQE

https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/10/SALAH-Amazon-Menyemprotkan-Cairan-yang-Berbahaya-untuk-Kucing-Pada-Kardus-Paketnya.pdf

= = =
Narasi:
“WARNING TO CAT OWNERS ABOUT AMAZON CARDBOARD BOXES Amazon sprays ALL boxes with Toxic Pesticides to kill wearouse rodents! If your cats play in Amazon Boxes they will be exposed and may experience chemical burns to the tongue. Other symptoms include: fever, lethargic movement, shallow breathing, and sticky salivation. Emergency medical intervention will be necessary, in all cases, to prevent certain death. Keep Amazon Boxes far away from your beloved cats and WASH your hands anytime you handle any Amazon boxes and/or product wrappings.”

Terjemahan:
“PERINGATAN KEPADA PEMILIK CAT TENTANG KOTAK KARTON AMAZON Amazon menyemprotkan SEMUA kotak dengan Pestisida Beracun untuk membunuh hewan pengerat! Jika kucing Anda bermain di Amazon Boxes, mereka akan terpapar dan mungkin mengalami luka bakar kimia di lidah. Gejala lain termasuk: demam, gerakan lesu, pernapasan dangkal, dan air liur lengket. Intervensi medis darurat akan diperlukan, dalam semua kasus, untuk mencegah kematian tertentu. Jauhkan Kotak Amazon dari kucing kesayangan Anda dan CUCI tangan Anda kapan pun Anda menangani kotak Amazon dan/atau pembungkus produk.

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah informasi di Facebook yang mengklaim bahwa Amazon menyemprotkan cairan pestisida beracun untuk membunuh hewan pengerat pada kotak kardus paketnya. Dalam unggahan tersebut juga diinformasikan bahwa cairan tersebut bisa meracuni kucing hingga menimbulkan luka bakar kimia pada lidah dan menimbulkan gejala seperti demam, lesu, pernapasan dangkal, dan air liur lengket.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah. Dilansir dari USAToday.com, Richard Rocha selaku Senior Public Relations Manager Amazon mengonfirmasi bahwa pihak Amazon tidak pernah melakukan penyemprotan cairan apa pun pada kardus kotak paketnya, termasuk cairan pestisida atau disinfektan hingga membahayakan kucing yang bermain menggunakan kardus tersebut.

Kemudianm Mengutip dari Reuters.com, Lindsey Wolkos, pendiri Center for Pet Safety mengatakan tidak ada laporan kepada mereka bahwa terdapat kasus kematian atau keracunan kucing yang berkaitan dengan kotak kardus paket Amazon.

Dengan demikian, klaim Amazon menyemprotkan cairan yang berbahaya untuk kucing pada kardus paketnya merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =
Referensi:
https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2021/10/27/fact-check-amazon-boxes-not-sprayed-pesticides-not-harmful-cats/6117264001/
https://www.reuters.com/article/factCheckNew/idUSL1N2RP23R

= = =
Editor: Bentang Febrylian