[SALAH] Video “Pengawalan presiden Jokowi di Perancis Dengan formasi kawal V”

BUKAN pengawalan Presiden Jokowi. FAKTANYA, video yang dibagikan adalah pengawalan kunjungan Ratu Elizabeth II ke Berlin (Jerman) pada tahun 2015 lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Salah.

SUMBER: Twitter, https://archive.md/XLXCm (arsip cadangan).

NARASI: “Pengawalan presiden Jokowi di Perancis . Dengan formasi kawal V ( 15 sepeda motor ) oleh satuan Le Gendamerie , ini tradisi pengawalan khusus hanya untuk tamu negara yang sangat di hormati .
Bravo president Jokowi …….🇲🇨🇲🇨🇲🇨”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konten yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video pengawalan kunjungan Ratu Elizabeth II ke Berlin (Jerman) pada tahun 2015 lalu dengan menambahkan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menimbulkan kesimpulan yang SALAH.

Verifikasi Video

Salah satu sumber yang sebelumnya membagikan pada 27 Juni 2015: “Hallo liebe Videofreunde, dies ist mal wieder ein Glücksfall. Nach einem Termin in Moabit beschlossen wir noch durch den englischen Garten die Siegessäule zu besuchen. Das hatten wir schon lange vor. Die Aussicht ist phantastisch. Auf einmal war viel Polizei vor Ort und der Verkehr stand. Wir dachten natürlich nicht an die Queen. Was wir sahen seht ihr im Film. Viel Spass Hans-Joachim” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

24 Juni 2015: “The Queen and the Duke of Edinburgh meet President Joachim Gauck and Chancellor Angela Merkel in Berlin on their State visit to Germany.” [3]

8 Juli 2015: “Rick de Haan” [4]

Anadolu Agency pada 24 Juni 2015: “Ratu Elizabeth II dari Inggris telah memulai kunjungan resmi tiga hari di ibu kota Berlin dengan pertemuan dengan para pemimpin Jerman pada hari Rabu.” [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi”, https://bit.ly/3gvztci (Google Translate) / https://archive.st/pabo (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “Queen Elizabeth II. zum Botschafterempfang, 25.06.2015”, https://bit.ly/2ZELiXL / https://archive.md/NkEpI (arsip cadangan).

[3] youtube.com: “The Queen begins fifth State visit to Germany”, https://bit.ly/2ZQe5ZG / https://archive.md/XRYRb (arsip cadangan).

[4] youtube.com: “Queen Elizabeth arrives at Berlin! Koningin Elizabet arriveert in Berlijn”, https://bit.ly/3w8SJ5G / https://archive.md/qJ0C9 (arsip cadangan).

[5] aa.com.tr: “Ratu Elizabeth II memulai kunjungan 3 hari di Jerman” (Google Translate), https://bit.ly/2ZL4Uta / https://archive.md/P4BX9 (arsip cadangan).

[6] Laporan dari twitter.com/dwioktariyadi, https://archive.md/Hx0eu (arsip cadangan).