[SALAH] Video Protein yang Bergerak di Mikroskop

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, video itu adalah animasi protein kinesin berformat GIF karya seniman kesehatan bernama John Liebler yang diunggahnya dalam sebuah artikel pada situs ART OF THE CELL.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/tqwhp

====

Narasi:

“This is how protein moving in Microscope”

====

Penjelasan:
Akun Twitter Science Club (@scienceClub01) mengunggah video berdurasi 5 detik dengan narasi yang menyebutkan bahwa video itu adalah protein yang bergerak dalam mikroskop. Video yang diunggah pada 13 Oktober 2021 itu telah ditonton sebanyak 12 ribu kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, video cuitan tersebut adalah animasi dari protein kinesin yang berjalan dengan format GIF. Animasi tersebut ditemukan dalam artikel berjudul “Well, You Can Tell by the Way I Use My Walk… Scientific Illustration” yang terbit pada 9 Mei 2014 pada situs ART OF THE CELL karya dari seorang seniman kesehatan bernama John Liebler. Sebelumnya, animasi ini juga pernah dibahas oleh India Times tahun 2018 untuk membantah klaim bahwa animasi itu adalah protein myosin yang membawa endorfin menuju otak.

Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Science Club (@scienceClub01) dikategorikan sebagai Konten yang Salah.

====

Referensi:

https://www.indiatimes.com/technology/science-and-future/this-isn-t-what-happiness-looks-like-at-a-microscopic-level-but-the-video-is-still-pretty-cool-358625.html

Editor: Bentang Febrylian