[SALAH] Foto “inilah tengkorak Purussaurus, salah satu Buaya terbesar yang pernah hidup di Bumi”

Bukan tengkorak Purussaurus. Tengkorak itu merupakan properti untuk serial TV yang dibuat oleh Crawley Creatures Ltd. sebelum tahun 2009. Itu dibuat untuk serial TV Prehistoric Park.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konten yang Salah
===========================================

Akun Instagram FAKTA FAVORIT DUNIA (instagram.com/faktafavoritdunia) pada 10 September 2021 mengunggah sebuah gambar yang memperlihatkan seorang pria berlutut di samping sebuah tengkorak raksasa.

Terdapat narasi : “Inilah tengkorak Purussaurus, salah satu Buaya terbesar yang pernah hidup di Bumi.”

Sumber: perma.cc/4T4Z-TPQG (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang memperlihatkan seorang pria berlutut di samping sebuah tengkorak raksasa dan diklaim sebagai tengkorak Purussaurus, salah satu buaya terbesar yang pernah hidup di bumi merupakan konten yang salah.

Faktanya, bukan tengkorak Purussaurus. Tengkorak itu merupakan properti untuk serial TV yang dibuat oleh Crawley Creatures Ltd. sebelum tahun 2009. Itu dibuat untuk serial TV Prehistoric Park.

Foto yang identik dimuat di situs diunggah di stus web perusahaan Inggris bernama Crawley Creatures. Perusahaan ini mengkhususkan diri dalam “pencetakan, pemahatan, permesinan, desain elektronik, teknik dan pengerjaan seni”, menurut situs webnya.

Foto tersebut diberi judul “Tengkorak Deinosuchus” yang mengacu pada kerabat aligator yang telah punah di Amerika Utara. Juru bicara Crawley Creatures mengatakan foto di unggahan menyesatkan itu menunjukkan salah satu prop milik perusahaan mereka.

“Tengkorak itu dibuat oleh Crawley Creatures Ltd. sebelum tahun 2009. Itu dibuat untuk serial TV Prehistoric Park,” kata direktur perusahaan Jez Gibson-Harris kepada AFP.

REFERENSI
https://periksafakta.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9PW3UA-1
https://crawley-creatures.com/wp-content/uploads/2019/06/Deinosuchus-skull.jpg
https://museum.wa.gov.au/explore/dinosaur-discovery/deinosuchus

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo