[SALAH] Video Jenazah Covid-19 yang Sedang Merokok

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, pria yang merokok bersama tumpukan-tumpukan plastik dalam video itu hanyalah properti yang digunakan untuk pembuatan video klip lagu seorang rapper Rusia bernama Dmitry Nikolayevich Kuznetsov alias Husky yang berjudul “Never-Ever”.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/2jueR

====

Narasi:

“Why is that guy in the body bag smoking ?????”

Narasi dalam video:

“Supposedly these are coronavirus deaths… he’s smoking WTF??”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Tanya (@Tanya08284592) mengunggah sebuah video yang disertai dengan narasi adanya seorang pria jenazah Covid-19 yang merokok di antara tumpukan mayat dalam plastik hitam lainnya. Video yang diunggah pada 1 September 2021 itu telah ditonton sebanyak 1.339 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, pria yang merokok dalam video itu bukanlah jenazah Covid-19. Beberapa tumpukan plastik hitam di sekitar pria itu adalah properti yang digunakan untuk pembuatan video klip lagu seorang rapper Rusia bernama Dmitry Nikolayevich Kuznetsov alias Husky yang berjudul “Never-Ever”. Cuplikan video itu dapat dilihat dalam highlight akun Instagram KIRILL (@kirill.groshev) yang bernama Husky | N-E.

Unggahan dengan klaim serupa sebelumnya pernah dibahas oleh Turn Back Hoax dalam artikel berjudul [SALAH] 200 Mayat Korban Covid-19 Sekali Kubur di Italia terbit pada 18 September 2020 dan [SALAH] Video “Lebih banyak mayat bertumpuk akibat COVID, tapi salah satunya menghisap rokok” yang terbit pada 6 Agustus 2021.

Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Twitter Tanya (@Tanya08284592) dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

====

Referensi:

https://www.instagram.com/stories/highlights/18040163887300722/

Editor: Bentang Febrylian