[SALAH] Peserta Wawancara Kerja Antam Wajib Pesan Tiket Travel di PT. Golden Asia

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Pihak Antam mengatakan bahwa dalam perekrutan kerja, Antam tidak pernah meminta biaya perjalanan kepada pelamar kerja.

= = = =

KATEGORI: fabricated content atau konten palsu

= = = =

SUMBER:
Tangkapan layar Whatsapp

= = = =

NARASI:

“1) Peserta diharuskan/diwajibjan pemesanan tiket di TRAVEL yang sudah di tunjuk langsung oleh perusahaan yaitu,PT.GOLDEN ASIA & TRAVEL.

2) Peserta yang pemesanan tiketnya di travel lain,diluar tanggungan TRAVEL dan PERUSAHAAN apabila peserta tidak mengikuti tes.

3) Bagi peserta yang melangkai aturan-aturan yang di sampaikan perusahaan,tidak diperkenangkan untuk mengikuti tesnya,karena kepurusan ini mutlak dan tidak bisa di
rubah.”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi yang mengatakan bahwa peserta wawancara Antam diminta untuk memesan tiket perjalanan. Narasi tersebut dicantumkan dalam sebuah surat yang diklaim merupakan surat pemberitahuan untuk peserta wawancara bahwa pembelian tiket travel dapat dibeli melalui perusahaan yang telah ditunjuk oleh perusahaan, yakni PT. Golden Asia.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. PT. Antam menegaskan melalui akun Instagram resminya bahwa selama proses perekrutan berlangsung, Antam tidak pernah meminta biaya apapun kepada pelamar kerja.

Dengan demikian, surat pemberitahuan yang mengatakan bahwa peserta wawancara Antam diminta untuk membeli tiket travel melalui PT. Golden Asia tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori fabricated content atau konten palsu.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/PNg6VdXK-cek-fakta-benarkah-peserta-wawancara-kerja-pt-antam-wajib-pesan-tiket-di-travel-ini-simak-faktanya
  2. https://www.instagram.com/p/CJVYX2PrmXs/

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian