[SALAH] Akun Instagram Berisi Lowongan Kerja PT Jasa Marga

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Bukan akun Instagram resmi milik PT Jasa Marga. Segala lowongan kerja yang dibuka oleh Jasa Marga hanya dipublikasikan melalui situs resmi dan akun media sosial resmi yang telah terverifikasi dengan tanda centang biru.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Instagram
https://archive.ph/tniQ7

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah akun Instagram berisi lowongan kerja PT Jasa Marga dengan nama pengguna “jasamarga_karir” (https://instagram.com/jasamarga_karir). Akun tersebut menggunakan logo Jasa Marga sebagai foto profil.

Melansir dari Kompas, Corporate Communication & Community Development Group Jasa Marga, Dwimawan Heru menegaskan bahwa akun tersebut bukan merupakan akun Instagram resmi milik Jasa Marga. Segala lowongan kerja yang dibuka oleh Jasa Marga hanya dipublikasikan melalui situs resmi (www.jasamarga.com), serta akun media sosial Jasa Marga yaitu Instagram (https://instagram.com/official.jasamarga), Twitter (https://twitter.com/ptjasamarga), Facebook (https://www.facebook.com/official.jasamarga/), dan YouTube (https://youtube.com/c/OfficialJasaMarga/).

Lebih lanjut, Dwimawan juga menjelaskan bahwa saat ini Jasa Marga sedang tidak membuka program rekrutmen karyawan baru. Jasa Marga juga tidak pernah memungut biaya apapun dalam program rekrutmen karyawan.

Dengan demikian, akun Instagram berisi lowongan kerja PT Jasa Marga tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://amp.kompas.com/money/read/2021/10/19/140327026/waspada-akun-palsu-jasa-marga-dengan-modus-lowongan-kerja-ini-ciri-cirinya

https://www.instagram.com/p/CVM25ZPBB-F/

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian