[SALAH] Surat Kabar Milik KPK

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Bukan surat kabar resmi yang dirilis oleh KPK. Juru Bicara KPK menyatakan bahwa untuk melaporkan kinerja KPK ke publik, pihaknya hanya merilis beberapa publikasi seperti Majalah Integrito, bukan berupa surat kabar.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Surat Kabar

= = = = =

NARASI:

“BERITA NASIONAL
KORAN PENGAWAS KORUPSI
KPK”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah surat kabar dengan nama “Koran Pengawas Korupsi (KPK). Surat kabar tersebut menggunakan logo Komisi Pemberantasan Korupsi dan memberitakan tentang kinerja KPK dalam pemberantasan korupsi. Surat kabar tersebut beredar di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Melansir dari Tempo, Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri, menegaskan bahwa surat kabar tersebut bukan merupakan surat kabar yang dirilis secara resmi oleh KPK. Ali menjelaskan bahwa pihaknya tidak pernah menerbitkan surat kabar untuk mempublikasikan kinerjanya kepada publik. Segala publikasi mengenai kinerja KPK dapat diakses melalui “Majalah Integrito” yang tersedia dalam versi cetak dan digital.

Dengan demikian, surat kabar dengan nama dan logo KPK tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://nasional.tempo.co/read/1518758/kata-jubir-soal-surat-kabar-berlogo-kpk-yang-diduga-dipakai-memeras

https://amp.kompas.com/nasional/read/2021/10/18/20523921/beredar-surat-kabar-berlogo-menyerupai-logo-kpk-diduga-untuk-memeras

https://www.kpk.go.id/id/integrito

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian