[SALAH] Daun Kemangi Obat Penghilang Gatal Kulit

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah, setelah ditelusuri belum terbukti daun kemangi dapat mengobati gatal pada kulit. Adapun khasiat daun kemangi yang dioleskan langsung ke kulit memerlukan proses pengekstrakan melalui lab.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Facebook https://bit.ly/3vjpkp5
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/10/SALAH-Daun-Kemangi-Obat-Penghilang-Gatal-Kulit.pdf

= = =
Narasi:

“Pasti Ada yang pernah mengalami gatal2 seperti ini? Gatalnya minta ampuuuun, kadang ngegaruknya sampai berdarah, Alhamdulillah ketemu sama obatnya, Harganya sangat murah dan gampang dapatnya. Daun Kemangi/serawung..😄. Cukup gosokkan daun kemangi di tempat yang gatal usahakan gosok sampai air daun kemanginya keluar ya karna yang jadi obatnya itu getah daunnya. Indahnya berbagi..”

= = =
Penjelasan:

Beredar sebuah informasi melalui media sosial Facebook dengan klaim daun kemangi dapat menjadi obat gatal kulit, cara pengobatannya hanya dengan menggosokkan daun kemangi di bagian kulit yang gatal hingga air daun kemangi keluar, getah dari daun tersebut dapat mengobati gatal-gatal.

Setelah ditelusuri informasi tersebut ternyata salah, faktanya belum ada penelitian yang membuktikan getah daun kemangi dapat mengobati gatal. Melalui Kompas.com, dr. Dedianto Hidajat, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram yang juga doktor spesialis kulit dan kelamin, menegaskan bahwa informasi itu hoaks, daun kemangi mengandung zat yang baik untuk kulit seperti anti radang, antibakteri, bahkan antioksidan. Namun, agar manfaat daun kemangi untuk gatal kulit bisa berfungsi perlu melalui proses pengekstrakan terlebih dahulu di laboratorium.

Klaim daun kemangi dapat mengobati gatal ini merupakan hoaks lama yang muncul kembali. Sebelumnya sudah ada ulasan dari Liputan6.com pada September 2020 yang menyatakan bahwa klaim tersebut merupakan hoaks karena belum ada riset daun kemangi dapat mengobati gatal, selain itu melalui Turnbackhoax.id juga sudah ada artikel yang mengabarkan bahwa klaim tersebut hoaks.

Dengan demikian, klaim daun kemangi obat penghilang gatal kulit merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =
Referensi:
https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/14/063200265/-hoaks-getah-kemangi-bisa-sembuhkan-gatal-pada-kulit?page=all#page2
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4345212/cek-fakta-benarkah-daun-kemangi-bisa-mengobati-gatal-kulit
https://turnbackhoax.id/2020/09/03/salah-getah-daun-kemangi-obat-gatal-gatal/

= = =
Editor: Bentang Febrylian