[SALAH] Akun Facebook Sekda Bengkulu Arif Gunadi

hasil periksa fakta Rahmah a n ( UIN sunan Ampel Surabaya).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu menegaskan bahwa akun tersebut adalah akun palsu dan mengimbau masyarakat agar berhati-hati apabila mendapatkan pesan dari akun tersebut.

= = = =

KATEGORI: imposter content atau konten tiruan

= = = =

SUMBER: Facebook (https://www.facebook.com/beny.rizal.50) https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/10/1-Arif-Gunadi-_-Facebook.pdf

= = = =

PENJELASAN:

Terdapat sebuah akun Facebook yang mengatasnamakan Sekda Bengkulu Arif Gunadi (https://www.facebook.com/beny.rizal.50). Akun tersebut menggunakan foto Sekda Arif Gunadi sebagai foto profil. Akun tersebut mengirimkan permintaan pertemanan dan mengirimkan pesan terhadap pengguna Facebook.

Setelah melakukan penelusuran, akun Facebook tersebut adalah akun palsu. Hal ini di klarifikasi oleh Kadis Kominfo Arif Gunadi melalui situs resmi mediacenter.bengkulukota.go.id mengimbau masyarakat khususnya ASN tidak langsung percaya jika ada akun atas nama pejabat yang tiba-tiba mengirim pesan, meminta bantuan atau meminta pertemanan di Facebook. Akun resmi Instagramnya yaitu (@gunadi_arif93).

“Ya, ini ada lagi akun fb palsu mengatasnamakan pak Arif Gunadi. Saya sampaikan agar warga khususnya ASN waspada, jika ragu terhadap akun medsos pejabat pemkot agar konfirmasi ke Kominfo, contohnya tadi sudah ad beberapa OPD yang konfirmasi ke Kominfo. Seperti Dinas LH,” ujar Eko.

Dengan demikian, akun Facebook dengan nama pengguna Arif Gunadi tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori imposter content atau konten tiruan.

= = = =

REFERENSI: https://www.instagram.com/p/CUmgIyzJmAi/?utm_medium=copy_link

https://infopublik.id/kategori/nusantara/569883/waspada-banyak-akun-fb-palsu-mengatas-namakan-pejabat-kota