[SALAH] Tetesan Jeruk Nipis Dapat Mengobati Mata

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Faktanya, jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada lapisan mata.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/1n8gq

= = = = =

NARASI:

“Jeruk nipis utk obat mata”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna “Sri Mulatsih” (https://www.facebook.com/sri.mulatsih.9849) dalam forum “SAHABAT SIDOARJO” (https://www.facebook.com/groups/802187623835226/?ref=share) menyebarkan ulang sebuah video dari akun “Bapontar Adventure” (https://www.facebook.com/toursulawesi/). Dalam video tersebut, tampak seseorang meneteskan jeruk nipis ke mata dan mengklaim bahwa tetesan jeruk nipis dapat mengobati mata dari minus atau rabun jauh.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ada bukti ilmiah bahwa jeruk nipis dapat mengobati mata. Jeruk nipis memang mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan bagi mata, namun manfaat tersebut hanya akan didapatkan jika air perasan jeruk nipis dikonsumsi, bukan diteteskan ke mata.

Lebih lanjut, melansir dari Kompas.com, Ketua Kelompok Staf Medis Vitreoretina Pusat Mata Nasional RS Cicendo Bandung, dr.Grimaldi Ihsan,SpM(K) menjelaskan bahwa jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada lapisan mata. Meneteskan jeruk nipis ke mata juga berpotensi menimbulkan infeksi jika jeruk nipis yang digunakan tidak bersih.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Sri Mulatsih” dalam forum “SAHABAT SIDOARJO” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3210616/benarkah-tetes-jeruk-nipis-ampuh-atasi-mata-minus

https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/11/192900565/-hoaks-meneteskan-air-jeruk-nipis-ke-mata-untuk-mengurangi-minus

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian