[SALAH] Video Kemunculan Harimau di Hutan Kedungjati Jawa Tengah

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Kapolsek Kedungjati AKP Muslih mengatakan bahwa video tersebut merupakan video editan yang dilakukan oleh salah satu warga Kedungjati, yakni Dani Prasetio.

= = = =

KATEGORI: fabricated content atau konten palsu

= = = =

SUMBER:
Facebook
https://archive.fo/19mjh

= = = =

NARASI:

“Viral Kemunculan Harimau Jawa di Kedung Jati Grobogan Jawa Tengah”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah video melalui akun Youtube arsa billa yang menunjukkan sebuah video harimau yang ada di sebuah hutan. Narasi dalam judul video tersebut mengatakan bahwa harimau tersebut ditemukan di hutan Kedungjati, Grobogan, Jawa Tengah.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Pihak Kepolisian Kedungjati kemudian melakukan penelusuran terkait hal tersebut, karena video tersebut membuat warga sekitar takut untuk pergi ke hutan. Hasil penelusuran tersebut menunjukkan bahwa video yang beredar merupakan video yang diedit oleh salah satu warga Kedungjati, yakni Deni Prasetio. Ia mengaku bahwa video tersebut ia buat untuk bahan gurauan yang akan dikirimkan kepada keponakannya.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh akun Youtube arsa billa tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori fabricated content atau konten palsu.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4672463/cek-fakta-tidak-benar-video-harimau-muncul-di-kedungjati-jawa-tengah
  2. https://news.okezone.com/read/2021/09/26/512/2477006/viral-video-harimau-di-hutan-kedungjati-grobogan-ternyata-hoaks

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian