[SALAH] Akun Facebook Bupati Asahan

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Akun tersebut adalah akun palsu. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan menegaskan bahwa akun tersebut adalah akun palsu dan mengimbau masyarakat agar berhati-hati apabila mendapatkan pesan dari akun tersebut.

= = = =

KATEGORI: imposter content atau konten tiruan

= = = =

SUMBER:
Facebook (https://bit.ly/2WFri6i)
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/10/akun-palsu-bupati-asahan.pdf (link arsip sumber)

= = = =

PENJELASAN:

Terdapat sebuah akun Facebook yang mengatasnamakan Bupati Asahan dengan nama pengguna Hi Surya (https://www.facebook.com/profile.php?id=100070346228368). Akun tersebut menggunakan foto Bupati Asahan sebagai foto profil dan menggunakan foto Bupati Asahan dan istrinya sebagai foto latar.

Setelah melakukan penelusuran, akun Facebook tersebut adalah akun palsu. Hal ini dipertegas oleh klarifikasi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, yakni Rahmat Hidayat Siregar melalui situs resmi Pemerintahan Kabupaten Asahan. Rahmat mengatakan bahwa akun tersebut dipastikan adalah akun palsu yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk motif-motif tertentu. Ia mengimbau agar masyarakat berhati-hati apabila mendapatkan pesan dari akun tersebut.

Dengan demikian, akun Facebook dengan nama pengguna Hi Surya tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori imposter content atau konten tiruan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://asahankab.go.id/v7/2021/09/08/press-release-terkait-beredarnya-akun-palsu-facebook-mengatasnamakan-bupati-asahan/
  2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/36879/hoaks-akun-facebook-mengatasnamakan-bupati-asahan-h-surya-bsc/0/laporan_isu_hoaks

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian