[SALAH] Video “Ternyata kabel telkomsel dibawa laut di gigit hiu”

Video yang sudah beredar sejak tahun 2010 dan tidak ada kaitannya dengan gangguan jaringan Telkomsel dan IndiHome yang terjadi sejak Minggu, 19 September 2021.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Fitryana Manahau (fb.com/anha.cabby) pada 21 September 2021 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan seekor ikan hiu menggigit kabel bawah laut dengan narasi “Ternyata kabel telkomsel dibawa laut di gigit hiu”

Sumber: https://bit.ly/3CXJlnH (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai hiu yang menggigit kabel bawah laut Telkomsel merupakan klaim yang salah.

Faktanya, video itu merupakan video yang sudah beredar sejak tahun 2010 dan tidak ada kaitannya dengan gangguan jaringan Telkomsel dan IndiHome yang terjadi sejak Minggu, 19 September 2021.

Video yang identik, diunggah oleh kanal Youtube sudmike pada 23 April 2010 dengan judul “Shark attack on subcable.wmv.”

Sementara itu, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengatakan, video yang memperlihatkan seekor hiu diklaim menggigit kabel bawah laut milik TelkomGroup itu hoaks. “Dapat kami sampaikan bahwa video tersebut adalah hoaks,” kata Reza, ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (22/9/2021).

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=1ex7uTQf4bQ
https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/23/093000265/hoaks-hiu-gigit-kabel-bawah-laut-sebabkan-indihome-dan-telkomsel-gangguan?page=all

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo