[SALAH] Lowongan Kerja PT Otoritas Jasa Keuangan

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Bukan lowongan kerja resmi yang dibuka oleh PT Otoritas Jasa Keuangan. Pihak OJK telah menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah membuka lowongan kerja melalui formulir online tersebut.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Formulir Online
https://archive.ph/DspDx

= = = = =

NARASI:

“RECRUITMENT OTORITAS JASA KEUANGAN 2021
Otoritas Jasa Keuangan atau OJK membuka Rekrutmen Tenaga Kerja Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2021. Lowongan kerja OJK ini ditujukan bagi lulusan minimal S1.

Otoritas Jasa Keuangan sebagai lembaga yang memiliki wewenang mengawasi industri jasa keuangan mengundang Anda untuk mengembangkan karier dan bergabung bersama kami sebagai posisi berikut :
[…]

(Lanjutan Narasi setelah bagian Referensi)

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah tautan formulir online untuk melamar lowongan kerja di PT Otoritas Jasa Keuangan. Dalam formulir tersebut, terdapat beberapa posisi yang ditawarkan, yaitu posisi setingkat direktur, setingkat kepala bagian, setingkat kepala sub bagian, dan setingkat staf.

Melansir dari situs resmi OJK, ojk.go.id, Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK, Anto Prabowo menegaskan bahwa lowongan tersebut bukan merupakan lowongan kerja resmi yang dibuka oleh PT Otoritas Jasa Keuangan. Pihak OJK telah menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah membuka lowongan kerja melalui formulir online tersebut. Lebih lanjut, Anto juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan selalu mengecek informasi yang diterima melalui media sosial resmi OJK serta ke Kontak OJK 157.

Dengan demikian, lowongan kerja yang mengatasnamakan PT Otoritas Jasa Keuangan tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Waspada-Penipuan-Lowongan-Kerja-yang-Mengatasnamakan-OJK.aspx

https://bisnis.tempo.co/read/1510524/ada-penipuan-lowongan-kerja-mengatasnamakan-ojk

https://www.idxchannel.com/economics/waspada-beredar-penipuan-lowongan-kerja-di-ojk

= = = = =

(Lanjutan Narasi)

[…]
Setingkat Direktur
Penempatan: Jakarta

Kualifikasi:

  1. Pendidikan minimal S1.
  2. Usia maksimal 50 tahun per 1 Sep 2021.
  3. Memiliki pengalaman kerja profesional yang memadai minimal selama 5 tahun terutama pada bidang pengembangan organisasi dan manajemen sumber daya manusia (SDM).
  4. Diutamakan memiliki sertifikat keahlian di bidang SDM, antara lain CHRP dan Certified Talent Management.
  5. Diutamakan memiliki pengalaman kerja dalam penyusunan kebijakan, konsultansi, atau praktik/implementasi kebijakan di lembaga pemerintah/BUMN atau Lembaga Jasa Keuangan.

Setingkat Kepala Bagian
Penempatan: Surabaya, Pontianak, Makassar, Sumatera

Kualifikasi:

  1. Minimal Strata satu (S1) atau sederajat semua jurusan.
  2. Usia maksimal 45 tahun per 1 Sep 2021.
  3. Berpengalaman Kerja minimal 3 tahun pada bidang Perbankan; Keuangan; Asuransi; Dana Pensiun; Lembaga Pembiayaan; Pasar Modal; Manajemen Strategis; Internal Audit & Riska Management; Edukasi dan Perlindungan Konsumen; Makro Ekonomi & Kebijakan Publik; Pencegahan Tindak Pidana di Sektor Jasa Keuangan

Setingkat Kepala Sub Bagian
Penempatan: Diseluruh Unit Kerja OJK

Kualifikasi:

  1. Minimal Strata satu (S1) atau sederajat semua jurusan.
  2. Usia maksimal 40 tahun per 1 Sep 2021.
  3. Berpengalaman Kerja minimal 3 tahun pada bidang Perbankan; Keuangan; Asuransi; Dana Pensiun; Lembaga Pembiayaan; Pasar Modal; Manajemen Strategis; Internal Audit & Riska Management; Edukasi dan Perlindungan Konsumen; Makro Ekonomi & Kebijakan Publik; Pencegahan Tindak Pidana di Sektor Jasa Keuangan

Setingkat Staf
Penempatan: Diseluruh Unit Kerja OJK Kualifikasi:

  1. Minimal Strata satu ( S1) atau sederajat dalam bidang: Administrasi Niaga; Agrobisnis; Akuntansi; Ekonomi (IESO); Ekonomi Syariah; Hukum; Hubungan Internasional; Ilmu Komunikasi; Matematika; Perbankan; Psikologi; Sastra Arab; Sastra Inggris; Sosial-Ekonomi; Sosiologi; Statistik; Teknik Industri; Teknik

Informatika; Sistem Informasi Bisnis; Teknik Sipil; Manajemen Keuangan; Manajemen Perusahaan; Manajemen Sdm

  1. Usia maksimal 35 tahun per 1 Sep 2021.
  2. Memiliki pengalaman kerja professional yang memadai minimal selama 1 tahun

Pendaftaran lowongan kerja OJK dilakukan secara online pada 20-30 September 2021.
Bagi yang tertarik mencoba mendaftar lowongan kerja OJK, Silahkan isi Forum input dibawah”

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian