[SALAH] Video “Alien Macam Apa Ini”

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Benda yang berada dalam video tersebut bukanlah alien. Benda tersebut merupakan anemon bubble tip yang banyak tumbuh di daerah terumbu karang yang dangkal.

= = = =

Kategori: misleading content atau konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Facebook
https://archive.ph/nkbCG

= = = =

NARASI

“Alien macam apa ini.. http://1cak.com/2901388 #1cak #wtf #funny”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah video yang diunggah oleh akun Facebook 1CAK.com For Fun Only yang mengatakan bahwa benda yang ada di dalam video tersebut adalah alien. Dalam video tersebut menyebutkan adanya sejenis tumbuhan yang menguncup ketika disentuh.

Setelah ditelusuri, hal tersebut tidak benar. Benda yang diklaim merupakan alien dalam video tersebut adalah sejenis anemon laut. Anemon tersebut dikenal sebagai anemon bubble tip yang banyak tumbuh di daerah terumbu karang yang dangkal.

Video tersebut diambil secara terbalik, sehingga anemon tersebut nampak tumbuh tegak. Anemon, seperti yang disebutkan sebelumnya, hidup di laut. Anemon dalam video tersebut hidup di bagian bawah dermaga dan diambil ketika pantai sedang surut. Sehingga anemon dalam video tersebut terlihat seperti tumbuh di atas daratan.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh akun Facebook 1CAK.com For Fun Only tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.mongabay.co.id/2013/11/20/foto-kisah-keunikan-si-ikan-badut-dan-anemon-perairan-indonesia/
  2. https://reefs.com/magazine/aquarium-invertebrates-entacmaea-quadricolor-the-bubble-tip-anemone/

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian