[SALAH] Gojek Bagikan Uang Rp2.000.000 sebagai Perayaan Hari Jadi ke-10 Tahun

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)


Faktanya, pihak Gojek membantah adanya tautan berisikan situs undian berhadiah yang beredar melalui WhatsApp. Informasi terkait program promosi Gojek hanya dapat diakses melalui aplikasi, akun media sosial, dan situs resmi Gojek.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Palsu

====

Sumber: WhatsApp dan Blog
http://8a0bqxx[dot]shop/f53ceAB-BkJ1YAlTfi9SRgMERF5ST2lXRhheclYKPCMoNjozbD43Mw4IYiU2?tzy1630363733084

====

Narasi:

“Congratulations!
Gojek 10th Anniversary!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 2000000 Rupiah .”

====

Penjelasan:

Telah beredar tautan melalui pesan WhatsApp yang mengatasnamakan Gojek. Tautan tersebut mengarahkan pada situs undian berhadiah Gojek sebesar Rp2.000.000 dalam rangka perayaan hari ulangtahunnya ke-10. Calon penerima hadiah diharuskan mengisi kuisioner yang tertera pada situs itu untuk mendapatkan hadiah.

Berdasarkan hasil penelusuran, situs tersebut bukanlah situs resmi Gojek. Melalui akun Twitter resminya (@gojekindonesia), Gojek mengonfirmasi program tersebut bukan diselenggarakan oleh pihaknya. Lebih lanjut, mengutip dari Liputan6, VP Corporate Communications Gojek Audrey Petriny membantah adanya informasi undian Gojek. Ia juga menghimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap hoaks yang mengatasnamakan Gojek.

“Informasi undian dengan mengatasnamakan Gojek yang disampaikan melalui WhatsApp, SMS, email, maupun sosial media tidak benar. Perlu kami tegaskan bahwa informasi resmi terkait program promosi Gojek hanya terdapat di aplikasi, akun sosial media, dan website resmi Gojek. Kami mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap segala bentuk hoaks maupun penipuan yang mengatasnamakan Group Gojek. Jika pengguna memiliki pertanyaan atau keluhan, silakan kunjungi halaman Bantuan di aplikasi Gojek,” jelas Audrey.

Dari berbagai fakta di atas, tautan undian berhadiah yang mengatasnamakan Gojek dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu.

====

Referensi:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4646600/cek-fakta-hoaks-gojek-bagikan-rp-2-juta-melalui-isi-kuisioner

Editor: Bentang Febrylian