[SALAH] Video “berita viral hari ini ~ DETIK2 JKW MENJEMPUT ADZAB, TAK HANYA LENGSER, KONDISINYA MENGENASKAN”

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Faktanya, video tersebut berisi kritik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo, bukan tentang Jokowi lengser maupun kondisi terkini dari Jokowi.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: YouTube
https://archive.ph/k1K2o

= = = = =

NARASI:

“berita viral hari ini ~ DETIK2 JKW MENJEMPUT ADZAB, TAK HANYA LENGSER, KONDISINYA MENGENASKAN”

= = = = =

PENJELASAN:

Kanal YouTube “Kabar Akurat” mengunggah sebuah video dengan judul “berita viral hari ini ~ DETIK2 JKW MENJEMPUT ADZAB, TAK HANYA LENGSER, KONDISINYA MENGENASKAN” pada 4 September 2021. Video tersebut telah ditonton sebanyak 14.022 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut berisi kritik terhadap pemerintahan Jokowi, bukan berisi berita tentang Jokowi lengser maupun kondisi terkini dari Jokowi.

Jokowi sendiri masih dalam kondisi baik dan terlihat aktif mengunggah apresiasi kepada atlet Indonesia di Paralimpiade melalui akun media sosial resminya. Lebih lanjut, melansir dari kanal YouTube “Sekretariat Presiden”, pada 5 September 2021, Jokowi baru saja melakukan panggilan video atau video call dengan atlet bulutangkis Indonesia yang berhasil memenangkan emas di ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh kanal YouTube “Kabar Akurat” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://youtu.be/gdABUAG5X8waa

https://www.instagram.com/p/CTbfwhNBMqa/?utm_medium=copy_link

https://www.instagram.com/p/CTbgWfvhjWT/?utm_medium=copy_link

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian