[SALAH] Maskapai Batik Air Terbang Menjemput WNI ke Afghanistan

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Klaim tersebut salah, faktanya Lion Air Group yang menaungi maskapai Batik Air membantah isu tersebut. Lion Air Group mengonfirmasi bahwa tidak ada penugasan untuk maskapai-maskapai di bawah naungannya menjemput WNI di Afghanistan.

= = =
Kategori: Konten Palsu

= = =
Sumber: Twitter
https://archive.md/j9KUb

= = =
Narasi:
“A320neo Batik Air PK-BDF akan terbang ke Kabul Afganistan 19 Agustus 2021 untuk menjemput WNI yang ada di sana.”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah informasi yang mengklaim maskapai Batik Air Menjemput WNI yang berada di Afghanistan, dalam unggahan melalui twitter tersebut diinformasikan bahwa A320neo Batik Air PK-BDF terbang ke Kabul Afghanistan pada 19 Agustus 2021.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Lion Air Group melalui CNNIndonesia.com mengonfirmasi bahwa maskapai naungannya, Batik Air, tidak terbang ke Afghanistan.

Dilansir dari medcom.com, Danang selaku Corporate Communications Strategic of Lion Air Group menegaskan tidak ada penugasan untuk maskapai-maskapai di bawah naungannya menjemput WNI di Afghanistan.

Selain itu, Menteri Luar Negeri RI melalui media sosial twitternya pada 20 Agustus 2021, menginformasikan bahwa pemerintah telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU.

Dengan demikian klaim maskapai Batik Air terbang menjemput WNI ke Afghanistan merupakan hoaks dengan kategori konten Palsu.

= = =
Referensi :
https://www.cnnindonesia.com/internasional/20210819065807-106-682205/batik-air-bantah-terbang-ke-afghanistan-untuk-evakuasi-wni
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/nbwXo95k-cek-fakta-benarkah-batik-air-terbang-ke-afghanistan-evakuasi-wni-ini-faktanya
https://twitter.com/Menlu_RI/status/1428582709215961091

===
Editor: Bentang Febrylian