[SALAH] 24 Agustus 2021 ada OTT oleh KPK di Padang

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Ketua KPK Firli Bahuri dan Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Satake Bayu di Padang membantah kebenaran informasi tentang adanya OTT KPK di Padang.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten Menyesatkan

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://sg.docworkspace.com/d/sIAmohNNmh6CeiQY


= = = = =

NARASI:
“Kabarnya ada operasi tangkap tangan (OTT) KPK malam ini di Padang”

= = = = =

PENJELASAN:
Beredar di Facebook infomasi adanya operasi tangkap tangan KPK yang berlokasi di Padang. Postingan tersebut diunggah pada 24 Agustus 2021.

Setelah ditelusuri pada salah satu artikel sumber.antaranews.com yang berjudul “Sempat heboh, Polda Sumbar bantah ada Operasi Tangkap Tangan KPK di Kota Padang” 25 Agustus 2021. Dalam artikel tersebut Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat membantah adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kota Padang pada Selasa malam dan melakukan koordinasi dengan KPK.

“Jadi gini, bahwa itu tidak benar beritanya. Kami sedang menelusuri informasi itu, dia dapat darimana. Kok langsung share aja,” ungkap Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Satake Bayu mengutip dari sumbar.antaranews.com.

Berita yang membuat kegaduhan tersebut berisi tentang pemberitaan OTT KOK sudah di koordinasikan dengan dewan pers. Polda Sumbar berharap kepada media, khususnya online dapat menyaring informasi sebelum diberitakan kepada publik dan harusnya ada pihak terkait yang mengklarifikasi tentang OTT KPK.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri saat dikonfimasi oleh Kantor Berita Politik RMOL yang belum mendapat laporan terkait kegiatan OTT di Provinsi Sumatera Barat.

“Tidak ada laporan dari Direktur Penyelidikan,” kata Firli Bahuri.

Berdasarkan keterangan Ketua KPK Firli Bahuri dan Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Satake Bayu di Padang membatah kebenaran informasi tersebut maka informasi adanya OTT KPK di Padang tidak benar dan masuk dalam kategori konten menyesatkan.

REFERENSI:
https://sumbar.antaranews.com/berita/452778/sempat-heboh-polda-sumbar-bantah-ada-operasi-tangkap-tangan-kpk-di-kota-padang

https://hukum.rmol.id/read/2021/08/24/501698/ketua-kpk-tidak-ada-laporan-soal-ott-di-sumbar

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian