[SALAH] Akun Facebook Wali Kota Samarinda Andi Harun

Hasil periksa fakta Rahmah an nisaa (UIN Sunan Ampel Surabaya).

Faktanya, Andi Harun mengklarifikasi melalui akun Facebook resminya (www.facebook.com/andi.harun.77770) bahwa akun tersebut bukan miliknya, dan mengimbau masyarakat agar tak mudah percaya.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Screenshot Akun Facebook

= = = = =

PENJELASAN:
Beredar akun Facebook Wali Kota Samarinda Andi Harun mengirimkan pesan melalui Messenger, meminta nomor telepon atau nomor Whatsapp pengguna Facebook. Akun tersebut menggunakan latar foto profil dan background yang sama dengan akun Facebook walikota, sebelum akhirnya diganti dengan tampilan yang baru.

Melalui akun Facebook resminya (www.facebook.com/andi.harun.77770) , Andi Harun mengklarifikasi bahwa akun tersebut palsu.

“Saya tidak menggunakan fasilitas inbox Fb, sehingga apabila menerima inbox dan/atau menerima chat via WA atau SMS dari pelaku, untuk diabaikan atau melaporkan nomor-nomor yang digunakan pelaku menghubungi sahabat guna untuk kepentingan proses hukum,” tulis Andi Harun di laman Facebook pribadi miliknya, Jumat (13/8/2021).

Andi Harun mengungkapkan bahwa telah meminta pihak kepolisian mencari tahu keberadaan pelaku, guna sebagai langkah hukum untuk menghindari adanya masyarakat yang dirugikan. Ia juga mengimbau agar tidak melayani permintaan pertemanan atau permintaan apapun dari pelaku.

Dengan demikian, akun Facebook Wali Kota Samarinda Andi Harun dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:
https://diksi.co/news/facebook-wali-kota-samarinda-diduplikasi-andi-harun-imbau-warga-berhati-hati-tertipu

https://kaltim.suara.com/read/2021/08/13/182114/facebook-bodong-atas-nama-wali-kota-samarinda-minta-uang-pulsa-dan-iklan

https://www.facebook.com/100043705711711/posts/389683232498531/